Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

8 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan, Diyakini jadi Obat Segala Penyakit


Pen4blogku - Tak asing lagi bukan dengan buah mengkudu? Buah yang identik dengan warna hijau ini memiliki manfaat yang sangat menakjubkan. Bahkan buah yang juga disebut dengan buah noni ini diyakini bisa memerangi berbagai penyakit. 

Selain disantap secara langsung, umumnya orang-orang juga mengolah buah mengkudu menjadi jus. Lantas, apa saja manfaat mengkudu yang bisa kita dapatkan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

1. Meningkatkan kesehatan otak

salah satu manfaat mengkudu
Buah mengkudu bisa mencegah stres. Gambar via cepatparamex.com

Salah satu manfaat mengkudu yang jarang diketahui orang ialah mampu meningkatkan kesehatan otak. Sebab jus buah noni dikenal ampuh untuk cegah sel otak mati serta dukung kesehatan mitokondria.

Buah ini mempunyai efek terapeutik pada nerodegenerasi. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya bisa lawan stres oksidatif yang dapat berbahaya bagi neuron. 

2. Memperkuat sistem imun tubuh

manfaat mengkudu bagi tubuh
Jaga daya tahan tubuh dengan konsumsi mengkudu. Gambar via ugm.ac.id

Bagi kamu yang ingin memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka bisa mengonsumsi buah mengkudu. Terlebih jika kamu sering melakukan aktivitas fisik berat, maka mengkudu bisa bantu jaga daya tahan tubuh.

Bahkan buah yang satu ini akan membuat tubuh agar tidak cepat lelah. Sedangkan bagi kamu yang doyan olahraga, buah tersebut akan mengurangi risiko mengalami cedera serta kerusakan di jaringan otot. 

3. Baik bagi jantung

keajaiban manfaat mengkudu
Jus buah mengkudu bagi untuk jantung. Gambar via pikiran-rakyat.com

Jus buah mengkudu bisa memberikan dukungan terhadap kesehatan jantung, caranya dengan turunkan kadar kolesterol serta kurangi terjadinya peradangan. Manfaat mengkudu ini tentu sangat penting bagi tubuh.

Sebab kolesterol jahat yang berlebih bisa memicu aneka penyakit mematikan, termasuk jantung. Kamu bisa mengonsumsi jus buah mengkudu secara rutin selama 1 bulan untuk kurangi kadar kolesterol jahat secara signifikan. 

4. Bantu turunkan demam

manfaat mengkudu yang jitu
Buah noni memiliki sifat antivirus. Gambar via klikdokter.com

Buah yang identik dengan bintik-bintik hitam ini mempunyai sifat antivirus, sehingga cukup efektif dalam menyembuhkan nyeri, demam hingga batuk. Kendati punya sensasi rasa yang pahit dan aroma tajam, namun buah ini terbukti baik bagi kesehatan tubuh.

Apalagi jika kamu mengonsumsi buah ini secara rutin, maka bisa menyembuhkan berbagai penyakit sekaligus mencegahnya dengan efektif. 

5. Menangkal penyakit kanker

manfaat mengkudu obati penyakit
Buah tinggi antioksidan. Gambar via sehatq.com

Pernah mendengar manfaat mengkudu yang satu ini? Dikarenakan tinggi antioksidan, maka buah noni juga cukup ampuh guna cegah perkembangan sel kanker. Tak hanya itu, buah tersebut juga bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit tumor. 

6. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

manfaat mengkudu yang efektif
Merangsang pencernaan agar lebih sehat. Gambar via lifepack.id

Jus buah mengkudu tinggi akan zat besi, vitamin A, kalsium serta protein. Di mana termasuk nutrisi yang penting bagi sistem pencernaan. Apabila kamu mengalami masalah pencernaan yang lambat maupun buang air besar kurang teratur, maka segera atasi dengan buah mengkudu.

Sebab ekstrak atau jus buah mengkudu bisa memberikan efek rangsangan pada sistem cerna. Gerakannya mengarah pada peristaltik yang termasuk proses penyempitan tak sadar serta relaksasi otot usus dan pembersihan area usus besar.

7. Efektif meredakan nyeri pada pasien arthritis

manfaat mengkudu radang sendi
Konsumsi jus mengkudu secara rutin. Gambar via eksposkaltim.com

Salah satu manfaat mengkudu bagi penderita arthritis atau nyeri sendi ialah bisa bantu kurangi nyeri di area sendi secara signifikan, bahkan mencapai 60%, loh!

Sejak ribuan tahun lalu, buah noni memang sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Bahkan terdapat pula beberapa penelitian yang mendukung manfaat tersebut.  

8. Meningkatkan kesehatan kulit

manfaat mengkudu yang ajaib
Mengobati tanda penuaan kulit. Gambar via jovee.id

Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit yang sehat? Jika kamu salah satu yang menginginkan hal tersebut, maka rutin saja konsumsi jus mengkudu. Sebab buah tersebut punya kandungan asam lemak esensial yang penting untuk tingkatkan membran sel, sehingga baik bagi kesehatan kulit.

Tak hanya itu, jus mengkudu juga ampuh sebagai obat dermatitis di area wajah, loh! Buah tersebut juga dipercaya efektif mengobati tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus hingga membasmi jerawat. 

Jadi, itu dia beberapa manfaat mengkudu bagi kesehatan tubuh dan kulit. Apa kamu tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin?

Posting Komentar

0 Komentar