Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Begini 4 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Benar!


Pen4blogku - Telinga merupakan salah satu bagian dari panca indera, di mana sangat dibutuhkan oleh manusia. Maka karena itu, kamu wajib menjaga kesehatan telinga dengan baik. 

 

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan panca indera tersebut. Apa saja? Coba cari tahu di ulasan berikut ini yuk!

 

1. Hindari penggunaan cotton bud

 
cara menjaga kesehatan telinga
Jangan pakai cotton bud via Batam.tribunnews.com

Siapa yang gemar membersihkan telinga dengan cotton bud? Ini bukan salah satu aktivitas yang benar dalam menjaga kesehatan telinga. Sebab penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga malah akan mendorong kotoran masuk makin dalam. 

 

Alhasil membuatnya mengendap di bagian dalam telinga. Jadi, sebaiknya bersihkan telinga di bagian luar saja ya.

 

2. Kurangi pemakaian earphone

tips jaga kesehatan telinga
Atur volume saat pakai earphone via Review.bukalapak.com

Kamu bisa menjaga kesehatan telinga dengan menghindarkannya dari suara-suara keras. Seperti penggunaan earphone. Kegiatan mendengarkan musik dengan alat pendengar memang sedang jadi tren, namun aktivitas tersebut bisa berdampak pada kesehatan telinga kamu. 

 

Terlalu sering memakai earphone bisa membuat fungsi telinga terganggu. Jika kamu ingin memakai alat pendengar tersebut maka usahakan tidak lebih dari 1 jam. Atur pula agar volume tidak berlebih sehingga bisa membuat telinga sakit. 

 

3. Dibersihkan dengan benar

kesehatan telinga perlu diperhatikan
Gunakan obat tetes telinga via Solopos.com

Telinga mempunyai 3 bagian, yaitu bagian luar, tengah serta dalam. Seluruh bagian-bagian tersebut mempunyai fungsinya masing-masing untuk menunjang seseorang bisa mendengar dengan baik. 

 

Oleh karena itu, saat membersihkan telinga hendaknya di bagian luar atau daun telinga saja. Sebab telinga mempunyai kemampuan tersendiri guna membersihkan dirinya. Terdapat bulu halus dengan bentuk bersudut yang bisa menjaga telinga dari kotoran yang masuk berlebih. 

 

4. Pastikan telinga tetap kering

perhatikan kesehatan telinga
Perhatikan tingkat kelembaban via K24klik.com

Jaga kesehatan telinga dengan memastikan jika ia senantiasa kering. Sebab telinga yang terlalu lembab bisa membuat bakteri masuk ke dalam. Kondisi tersebut tanpa sadar dapat mengakibatkan iritasi serta infeksi pada organ telinga kamu. 

 

Jadi sangat penting untuk menjaga supaya telinga tetap kering. Apabila kamu hobi berenang, sebaiknya pakai penyumbat telinga guna cegah air masuk ke dalam.

 

Jadi, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Selain itu, kendati telinga tidak bermasalah namun tak ada salahnya bila kamu rutin memeriksakannya ke dokter untuk menjaga kesehatannya.

Posting Komentar

0 Komentar