Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sering Alami Sembelit? Ganti Obat Pencahar dengan 4 Buah Berikut!


Pen4blogku - Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya masalah kesehatan tersebut diakibatkan karena adanya penurunan pergerakan makanan lewat sistem cerna yang tertunda. 

 

Masalah sembelit juga dapat disebabkan oleh pola makan yang rendah serat, penuaan, hingga aktivitas fisik yang kurang. Umumnya orang mengatasi masalah tersebut dengan konsumsi obat pencahar atau pelunak feses. Namun ada beberapa jenis buah yang bisa jadi pencahar alami untuk mengatasi sembelit. Apa saja? Ini dia daftarnya!

 

1. Pir

buah untuk gejala sembelit
Mencukupi kebutuhan serat harian via Mncupdate.com

Kabar baik bagi kamu yang suka konsumsi buah pir! Sebab makanan ini sangat kaya akan serat. Bayangkan, pada pir berukuran sedang mengandung serat sebanyak 6 gram. Sehingga bisa bantu lancarkan sistem pencernaan. 

 

Tak hanya itu, buah yang satu ini juga tinggi sorbitol, yang merupakan alkohol gula yang berperan jadi agen osmotik guna menarik air ke usus serta merangsang pergerakan organ susu. 

 

2. Kiwi

mengatasi sembelit
Si hijau yang bermanfaat via Healthifyme.com

Tak asing lagi bukan dengan buah yang identik dengan warna hijau ini? Apabila kamu ingin membuat buang air besar lebih teratur, maka bisa rutin konsumsi buah kiwi. Sebab ia memiliki kandungan serat yang terbilang tinggi. Buah kiwi berukuran sedang atau setara dengan 2,6 ons memiliki kandungan serat sebanyak 2 gram. 

 

Jenis buah tersebut dapat membuat waktu singgah makanan di dalam usus lebih cepat hingga bantu memperbaiki sembelit.

 

3. Alpukat

masalah sembelit
Bisa bikin kenyang via Sulselsatu.com

Alpukat termasuk buah yang lezat dan kaya manfaat. Buah ini memiliki kandungan serat tak larut. Sehingga baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, alpukat juga bisa memberikan sensasi rasa kenyang berkat kandungan lemak sehat yang ada di dalamnya. 

 

4. Apel

cegah sembelit
Mengandung serat larut via Kompasiana.com

Bukan rahasia lagi jika apel termasuk salah satu jenis buah yang kaya manfaat. Buah yang satu ini cukup ampuh mengatasi sembelit karena memiliki kandungan serat yang berlimpah. Pada 1 buah apel kecil 5,3 ons memiliki asupan serat sebanyak 3,6 gram loh! 

 

Serat akan melalui usus tanpa perlu dicerna, alhasil bisa bantu membentuk tinja serta mendorong BAB secara rutin. Apel mempunyai kandungan serat larut yang disebut dengan pektin, di mana dikenal dengan efek pencahar yang baik.

 

Nah, itu dia beberapa buah kaya serat yang bisa kamu konsumsi untuk meringankan gejala sembelit. Dibanding mengonsumsi obat pencahar, maka beberapa jenis buah tersebut bisa kamu andalkan.

Posting Komentar

0 Komentar