Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Punya Penyakit Diabetes? Hindari 4 Jenis Makanan Berikut!


Pen4blogku - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang terbilang kronis, sebab sekali terkena maka tak dapat disembuhkan. Penyakit ini biasanya ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Walau tidak bisa disembuhkan, namun para penderita diabetes masih bisa mengubah pola makan demi mengendalikan gejala yang ada. 

Jadi, kamu harus seksama dalam memilih makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi. Apabila mengidap penyakit diabetes, maka kamu harus menghindari beberapa makanan tertentu. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Jenis minuman manis

pantangan penyakit diabetes
Hindari minuman kemasan via Alodokter.com

Penderita penyakit diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jenis minuman manis. Apalagi seperti minuman bersoda, teh maupun kopi kemasan yang dibuat pabrikan. Sebab jenis-jenis minuman tersebut sudah diberikan tambahan pemanis buatan dan gula. 

Sehingga dapat memicu kenaikan gula darah apabila dikonsumsi. Kamu juga bisa mengecek label pada bagian kemasan minuman. Apabila tidak menemukan komposisi bahan gula, berarti gula ditulis dengan nama lain seperti: sukrosa, glukosa, sirup malt, maltose, sirup maple, galaktosa dan lainnya. 

2. Nasi putih beserta makanan olahan tepung

dilarang untuk penderita penyakit diabetes
Batasi konsumsi nasi putih via Klikdokter.com

Makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes ialah nasi putih, pasta serta roti. Sebab jenis makanan-makanan tersebut termasuk sumber utama karbohidrat sederhana. Di mana karbohidrat sederhana merupakan yang paling cepat guna dicerna serta diserap oleh tubuh untuk diubah jadi gula darah atau glukosa. 

Untuk pengidap penyakit diabetes, maka bisa mengakibatkan gula darah meningkat dengan sangat cepat. Sebenarnya kamu masih bisa mengonsumsi jenis makanan tersebut, hanya saja batasi porsinya. Kamu dapat mengganti makanan tersebut dengan sumber makanan lain yang lebih aman, seperti ubi jalar, jagung hingga nasi merah. 

3. Buah kering

bahaya penyakit diabetes
Kandungan airnya hilang via Idntimes.com

Buah-buahan kering diproses dengan sedemikian rupa sehingga membuat kadar airnya hilang dan yang tertinggal hanya kandungan gula alami. Oleh karena itu, penderita penyakit diabetes dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut sebagai camilan. Sebab berpotensi meningkatkan kadar gula darah. 

4. Makanan yang mengandung lemak trans

pantangan makanan penyakit diabetes
Perpaduan antara karbohidrat tinggi dengan minyak goreng via Asianfoodnetwork.com

Jika kamu mengidap penyakit diabetes, maka artinya dirimu harus melakukan perubahan besar terhadap pola makan. Apabila dulu sering menyantap jenis makanan yang berlemak, maka kini mulai kurangi. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak trans adalah kentang goreng, keripik kentang kemasan, hingga gorengan. 

Perpaduan antara karbohidrat tinggi serta minyak goreng dari kentang bisa memicu kadar gula darah naik dengan cepat. Selain itu, lemak trans juga dijumpai pada jenis makanan yang diawetkan, selai dan margarin. 

Jadi, itu dia beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit diabetes. Atur porsinya, ya!

Posting Komentar

0 Komentar