Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cegah Batu Ginjal Hingga Usir Racun, Ini 7 Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan


Pen4blogku - Pasti kamu tak asing lagi bukan dengan jagung? Ia merupakan salah satu makanan pokok beberapa daerah di Indonesia. Kendati jagung terbilang populer, namun rambut jagung justru kurang familiar. Padahal sama seperti jagung, rambut jagung juga bisa dikonsumsi. 

Bahkan manfaat rambut jagung tak main-main loh bagi tubuh! Ia dikenal memiliki kandungan zat sitosterol serta stigmasterol yang efektif untuk cegah penyakit kolesterol tinggi dan jantung. Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat rambut jagung? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya. 

1. Baik bagi pencernaan

manfaat rambut jagung ampuh
Pencernaan makanan jadi lebih lancar. Gambar via klikdokter.com

Mungkin tidak banyak yang tahu jika ternyata rambut jagung bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan serta membuat sistem cerna meningkat. Manfaat rambut jagung ini bisa merangsang sekresi oleh hati di empedu. Maka dari itu, empedu yang disimpan dalam kantong empedu bisa membantu pencernaan makanan lebih baik. 

2. Tinggi vitamin C

manfaat rambut jagung
Tinggi akan antioksidan. Gambar via klikdokter.com

Asupan vitamin C yang tinggi tidak hanya terletak pada biji jagung saja. Melainkan rambut jagung juga mempunyai kandungan vitamin C yang serupa. Di mana vitamin C termasuk antioksidan tinggi yang dapat bantu lawan penyakit kardiovaskular. 

Jenis penyakit tersebut merupakan kondisi di mana terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, alhasil bisa memicu serangan jantung. Nah, salah satu manfaat rambut jagung ialah untuk merangsang aliran darah agar lebih lancar serta tingkatkan fungsi semua organ penting dalam tubuh kamu.

3. Usir racun

manfaat rambut jagung bagi kesehatan
Bahaya jika tubuh dipenuhi racun. Gambar via harapanrakyat.com

Rambut jagung mempunyai sifat diuretik, sehingga dapat bantu hilangkan cairan serta racun berlebih dalam tubuh. Sifat diuretik sendiri bisa bantu tingkatkan pembentukan urine. Alhasil dapat cegah risiko infeksi saluran kemih serta penyakit kardiovaskular. 

4. Dapat cegah batu ginjal

manfaat rambut jagung yang baik
Bantu mewujudkan ginjal yang sehat. Gambar via ciputrahospital.com

Siapa sih yang tak ingin memiliki organ ginjal sehat? Hampir semua orang menginginkan hal tersebut. Kamu bisa mencegah penyakit batu ginjal dengan mengandalkan rambut jagung. Sebab bisa bantu tingkatkan aliran urine serta kurangi efek pembentukan sedimen dalam ginjal. 

Makanan tersebut juga mampu membilas zat berbahaya maupun racun di organ ginjal. Alhasil cukup ampuh guna cegah penyakit batu ginjal. Tak hanya itu, rambut jagung juga bisa menghalau akumulasi oksalat di ginjal. Bahkan ia juga mampu bantu keluarkan cairan yang berlebih di saluran kemih. 

5. Bantu jaga gula darah

manfaat rambut jagung tak diragukan
Bisa diolah jadi teh. Gambar via atmago.com

Rambut jagung dapat bantu atur produksi insulin serta tingkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien diabetes tipe 2. Bahkan rambut jagung juga efektif membuang lemak yang menumpuk di pembuluh darah, sehingga kolesterol yang tengah mengendap di arteri dapat terurai dengan baik. 

Nah, kamu bisa mengolah rambut jagung sebagai teh. Sebab ia juga dipercaya bisa mengurangi ketegangan, stres hingga redakan kaku di bagian rahang, leher serta bahu. 

6. Kurangi rasa sakit di sendi

bagian manfaat rambut jagung
Memiliki sifat anti-inflamasi. Gambar via klikdokter.com

Manfaat rambut jagung lain yang tidak bisa kamu anggap remeh ialah, mampu kurangi rasa sakit di sendi akibat peradangan. Kandungan alkali dan sifat anti-inflamasinya bisa atasi rasa sakit di persendian. 

Apabila dimakan secara rutin, maka rambut jagung dapat kurangi tingkat keasaman tubuh serta atasi masalah retensi cairan. 

7. Mengatasi obesitas dan ruam

salah satu manfaat rambut jagung
Mencegah infeksi di bagian kulit. Gambar via grid.id

Masalah kulit rentan sekali kita alami. Seperti ruam akibat digigit serangga yang menimbulkan kulit sakit dan gatal. Rambut jagung memiliki sifat antiseptik serta anti-bakteri, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk cegah infeksi di kulit. 

Bahkan rambut jagung juga dapat melawan obesitas, loh! Sifat diuretik pada makanan tersebut bantu mengusir kelebihan cairan dalam tubuh kamu. 

Pasca tahu manfaat rambut jagung yang luar biasa, apa kamu masih ingin menyingkirkannya?

Posting Komentar

0 Komentar