Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Benar


Pen4blogku - Bagaimana cara kamu menjaga kesehatan gigi dan mulut? Mungkin mayoritas orang beranggapan jika dengan menyikat gigi saja sudah cukup, padahal malah sebaliknya. Selain menyikat gigi, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan. 

 

Tentunya cara yang tepat akan menghindarkan gigi dan mulut mengalami aneka masalah seperti sakit gigi, gusi bengkak hingga gigi berlubang. Bahkan menurut penelitian, gangguan kesehatan pada gigi serta mulut juga bisa tingkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular loh! Jadi, jaga kesehatan gigi dengan 4 cara berikut ini ya. 

 

1. Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride

trik jitu menjaga kesehatan gigi
Pilih pasta gigi yang tepat via Klikdokter.com

Jangan asal menggunakan pasta gigi! Sebaiknya gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Sebab ia bisa bantu cegah gigi berlubang serta membuat lapisan email gigi lebih kuat. 

 

Perlu kamu ketahui jika bakteri yang ada di mulut bisa mengeluarkan zat asam guna mengolah karbohidrat dari makanan yang kamu santap. Nah, zat asam itulah yang berpotensi mengikis mineral dalam lapisan luar atau email gigi. Alhasil dapat menyebabkan gigi jadi berlubang. 

 

2. Bersihkan sisa makanan dengan benang gigi

kesehatan gigi orang dewasa
Lebih dianjurkan dibanding pakai tusuk gigi via Klikdokter.com

Siapa yang gemar membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi menggunakan tusuk gigi? Ternyata cara tersebut tidak dianjurkan sebab bisa membuatnya terluka. Kamu lebih disarankan untuk memakai dental flossing atau benang gigi. 

 

Selain membersihkan sisa makanan yang menempel di sela gigi, benang tersebut juga bantu cegah terbentuknya plak yang memicu gigi berlubang. Kamu bisa menggunakan dental flossing usai sikat gigi. 

 

3. Pakai obat kumur

kesehatan gigi sangat penting
Napas jadi lebih segar via Klikdokter.com

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang mudah jika kamu tahu caranya. Selain menyikat gigi paling tidak 2 kali sehari, kamu juga disarankan untuk memakai mouthwash atau obat kumur. 

 

Sebab obat kumur bisa bantu jaga kesehatan gigi dan mulut. Pilih yang mengandung menthol, thymol, eucalyptol serta methyl salicylate. Kandungan tersebut lebih efektif untuk bersihkan gigi serta mulut dari plak sisa makanan dan memperlambat pertumbuhan kuman di mulut. Bahkan napas bisa jadi lebih segar.

 

4. Berhenti merokok

kesehatan gigi dan mulut
Hentikan kebiasaan buruk via Klikdokter.com

Merokok tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Melainkan juga bisa memberikan aneka masalah pada gigi serta mulut. Seperti mengubah warna gigi, bau mulut, terbentuknya karang gigi, plak hingga bercak putih di mulut karena iritasi. 

 

Tak hanya itu, merokok juga bisa tingkatkan peluang terkena kanker mulut loh! Maka dari itu, jaga kesehatan gigi dan mulut dengan berhenti merokok sedari sekarang.

 

Jadi, itu dia beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pasti kamu juga ingin memiliki gigi serta mulut yang sehat bukan?

Posting Komentar

0 Komentar