Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ingin Menjaga Kesehatan Paru-paru? Kamu Wajib Konsumsi 4 Makanan Ini


Pen4blogku - Paru-paru merupakan salah satu organ yang punya fungsi vital bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatan paru-paru dengan baik. Organ tersebut berfungsi untuk jadi tempat pertukaran oksigen, yakni dari udara ke karbon dioksida dalam darah. 

Namun kesehatan paru-paru sendiri mulai terancam dengan polusi udara yang makin meningkat serta banyaknya orang yang merokok. Nah, oleh karena itu sebaiknya kamu jaga kesehatan organ tersebut dengan konsumsi 4 makanan berikut ini. 

1. Ikan

mengendalikan kesehatan paru-paru
Ikan makarel mengandung lemak omega-3. Gambar via okezone.com

Tahukah kamu jika ternyata konsumsi ikan baik untuk kesehatan paru-paru? Jenis ikan seperti sarden dan makarel dianggap efektif mengobati penyakit PPOK atau paru-paru obstruktif kronik

Menurut beberapa penelitian menyebutkan jika asupan asam lemak omega-3 dalam ikan bisa bantu tubuh dalam memerangi penyakit yang menyerang organ paru-paru kamu. 

2. Teh hijau

minuman kesehatan paru-paru
Jenis teh yang tinggi antioksidan. Gambar via grid.id

Kita mengenal cukup banyak jenis teh, salah satunya ialah teh hijau. Di mana jenis teh tersebut sangat baik bagi tubuh lantaran mengandung antioksidan berlimpah.

Bahkan kandungan antioksidan dalam teh hijau bermanfaat sebagai antihistamin alami yang dapat menghambat pelepasan histamin yang dianggap sebagai penyebab alergi pada tubuh. Tak hanya itu, antioksidan tersebut juga bantu kurangi peradangan di organ paru-paru. 

3. Bawang putih

tips menjaga kesehatan paru-paru
Si bumbu dapur yang baik bagi paru-paru. Gambar via honestdocs.id

Perlu kamu ketahui, jika bumbu dapur yang satu ini mempunyai kandungan flavonoid yang mampu menstimulasi tubuh guna menghasilkan glutathione. Zat ini diketahui dapat mengusir racun serta karsinogen. Alhasil kesehatan paru-paru bisa terjaga dengan baik dan membuatnya berfungsi sebagaimana mestinya. 

4. Jenis kacang-kacangan & biji-bijian

makanan kesehatan paru-paru
Jenis biji-bijian yang bisa dikonsumsi. Gambar via wanita22.com

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, maka kamu bisa mengganti camilan ke menu makanan yang jauh lebih sehat. Misalnya saja kacang-kacangan atau biji-bijian. Sebab makanan super tersebut sangat baik bagi organ paru. 

Konsumsi jenis kacang-kacangan seperti hazelnut, kacang mete, almond hingga kenari. Sedangkan biji-bijian yang dapat kamu santap ialah biji labu, biji bunga matahari hingga biji rami. 

Jadi itu dia beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu, hindari kebiasaan merokok ya. Baik menjadi perokok aktif maupun pasif, sebab bisa berdampak buruk bagi organ paru.

Posting Komentar

0 Komentar