Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Kuliner Bengkulu Paling Favorit, Pernah Coba yang Mana?


Pen4blogku - Bengkulu merupakan salah satu kota yang terkenal dengan destinasi wisata yang unik dan menyenangkan. Bahkan siapa saja yang pernah berkunjung ke sana pasti ingin kembali.

Selain tempat wisata menyenangkan, Bengkulu juga menyuguhkan aneka kuliner yang bakal menggoyang lidah kamu. Kuliner Bengkulu pun cukup bervariasi dan tersedia dalam banyak pilihan. Tapi, setidaknya kamu harus coba 5 kuliner khasnya berikut ini.

1. Mie Terbang

kuliner bengkulu populer
Salah satu kuliner kekinian. Gambar via potensilokal.com

Cukup unik bukan nama kuliner Bengkulu ini? Kendati bukan termasuk makanan tradisional, namun mie tek-tek ini cukup populer di Bengkulu. Letaknya ada di Tempat Makan Kekinian kepunyaan Salman yang berada di Jalan Rafflesia, Kota Bengkulu.

2. Tempoyak

kuliner bengkulu khas
Salah satu makanan dengan cita rasa unik. Gambar via backpackerjakarta.com

Jika kamu salah satu penggemar buah durian, maka wajib mencicipi sajian kuliner Bengkulu ini. Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari fermentasi buah durian. Rasa yang dihasilkan dari tempoyak cukup unik.

Sebab tempoyak khas Bengkulu biasanya diolah bersama ikan patin. Kamu juga bisa menjumpai kuliner tersebut di wilayah Sumatra lain seperti Sumatra Selatan dan Jambi.

3. Pendap

varian kuliner bengkulu
Makanan tradisional dari bahan ikan. Gambar via sumber.com

Apa kamu pernah mendengar kuliner Bengkulu yang satu ini? Pendap merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ikan. Makanan tersebut dikombinasikan bersama aneka bumbu seperti kencur, bawang putih, kelapa parut muda serta cabai giling.

Pendap dihidangkan dengan cara dibungkus daun talas. Kamu bisa menikmati makanan ini bersama nasi putih hangat.

4. Gulai Pisang

pilihan kuliner bengkulu
Memiliki cita rasa manis dan gurih. Gambar via tripelaketoba.com

Tak bisa dipungkiri lagi jika masyarakat Bengkulu cukup kreatif dalam mengolah makanan. Salah satu bentuk kreativitas tersebut ialah gulai pisang. Perpaduan manis dan gurih dari makanan tersebut akan membuat lidah kamu kegirangan. Tertarik mencobanya?

5. Lempuk durian

salah satu kuliner bengkulu
Mirip dengan dodol. Gambar via omiyago.com

Makanan ini merupakan menu olahan yang khas dari provinsi Bengkulu. Ia berbentuk menyerupai dodol dengan bahan dasar berupa buah durian serta tepung gandum.

Saat jalan-jalan ke Bengkulu, maka kamu akan banyak menjumpai pohon durian. Sehingga jangan heran jika lempuk durian dijadikan sebagai salah satu kuliner Bengkulu yang khas. Makanan tradisional ini bisa kamu temukan dengan mudah, kok.

Nah, itu dia beberapa kuliner Bengkulu yang bisa kamu cicipi ketika singgah di sana. Beberapa di antaranya juga cocok dijadikan buah tangan.

Posting Komentar

0 Komentar