Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ternyata Membacakan Dongeng untuk Anak Ada Manfaatnya loh, Ini Dia!


Pen4blogku - Apa kamu termasuk orang tua yang gemar membacakan dongeng untuk anak? Ternyata membacakan buku cerita untuk si buah hati juga ada manfaatnya loh! Umumnya para orang tua akan membacakan buku cerita pada anak mereka ketika hendak pergi tidur.

 

Si anak pun akan merasa lebih aman dan nyaman saat berada di pelukan orang tua untuk dibacakan buku cerita. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat membacakan dongeng untuk si kecil? Ada setidaknya 4 manfaat yang akan ia dapatkan, ini dia daftarnya!

 

1. Bantu tumbuhkan minat baca anak

anak membacakan dongeng
Anak punya minat baca tinggi via Dancow.co.id

Ketika kamu membacakan dongeng pada buah hati, maka bisa menumbuhkan rasa ingin tahunya. Hal tersebut juga akan membantu menumbuhkan sikap berani bertanya. Tak hanya itu, kegiatan membaca buku cerita juga akan merangsang minat baca anak sejak dini. Sebab mereka akan terbiasa sejak kecil dengan kebiasaan yang ditanamkan oleh orang tuanya. 

 

2. Mengasah ketrampilan bahasa

manfaat membacakan dongeng
Si kecil belajar tentang emosi via Beritagar.id

Kendati anak belum bisa memahami dengan sempurna makna dari cerita yang kamu bacakan, tetapi secara tak langsung kamu juga seolah sedang mengajari buah hati guna mengerti melalui emosi serta intonasi saat membacakan dongeng. 

 

Alhasil anak pun bisa belajar tentang warna, benda, angka dan gambar. Bahkan mereka juga dapat belajar tentang cara menghubungkan rangkaian peristiwa satu dengan lainnya. 

 

3. Anak lebih dekat dengan orang tua

cara membacakan dongeng anak
Membangun intensitas bersama anak via Klikdokter.com

Orang tua akan jauh lebih dekat dengan anak saat kegiatan membaca dongeng dilakukan. Biasanya anak akan berada di dekapan maupun pangkuan orang tuanya. Inilah yang bisa membuat ikatan antara orang tua dan anak lebih dekat. Bahkan si buah hati juga akan merasa lebih nyaman serta hangat. 

 

4. Mendapatkan pesan moral

manfaat membacakan dongeng
Ada pelajaran yang bisa diambil via Solopos.com

Bukan rahasia lagi jika setiap cerita pasti memiliki pesan moralnya masing-masing. Oleh karena itu, jika kamu menyampaikan dongeng dengan baik maka anak akan dapat menangkap pesan moral yang ada dalam cerita. 

 

Kamu juga bisa membantu anak untuk menangkap pesan dalam cerita dengan menjabarkannya. Sehingga si kecil bisa belajar suatu hal yang positif dari cerita tersebut. Misalnya saja kamu membacakan dongeng tentang Malin Kundang, maka tanyakan pada anak apa pelajaran yang bisa ia petik lalu jelaskan lebih detail. 

 

Jadi itu dia beberapa manfaat membacakan dongeng untuk anak. Apa kamu tertarik untuk menumbuhkan minat anak membaca sejak dini? Maka bisa melalui kegiatan story telling tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar