Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Resep Odading Rumahan, Roti Goreng Khas Bandung yang Lagi Naik Daun!

 


Pen4blogku - Odading kini menjadi salah satu menu makanan yang banyak menyita perhatian publik. Bahkan kudapan tersebut tampak sedang viral. Hal tersebut lantaran video pemasaran tak biasa yang dilakukan oleh sosok selebgram Ade Londok melalui media sosial miliknya. Bahasa pemasaran yang digunakan cenderung unik dan mengundang rasa penasaran. 

 

Alhasil banyak masyarakat, khususnya di kota Bandung yang rela antre demi mencicipi odading Mang Soleh yang berada di Jalan Baranangsiang, Bandung. Lantas, sebenarnya apa itu odading? Ia merupakan roti goreng khas Bandung yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Ingin coba resep odading rumahan? Coba yuk resepnya di bawah ini!

 

Bahan yang dibutuhkan

bahan untuk resep odading
Bahan untuk menu odading via Lifestyle.kompas.com

Ada beberapa bahan yang kamu butuhkan untuk membuat resep odading ala rumahan. Agar lebih mudah, maka bahan-bahan akan dikategorikan jadi bahan A dan B ya. Nah, ini dia bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat resep odading yang lezat!

 

Bahan A:

  • Ragi instan 1 sendok teh 
  • Tepung cakra 300 gram 
  • Susu bubuk 2 sendok makan 
  • Gula pasir 5 sendok makan

Bahan B:

  • Margarin 1 sendok makan 
  • Telur 1 butir, pilih yang ukurannya besar 
  • Santan 100 ml

Bahan topping dan olesan:

  • Minyak goreng secukupnya 
  • Wijen secukupnya, dan 
  • Air matang, secukupnya


Cara membuat

resep odading viral
Roti goreng khas bandung via Piknikdong.com

Resep odading bisa kamu buat dengan mudah. Sehingga tak perlu keahlian khusus untuk membuat kudapan yang satu ini. Namun agar hasil akhirnya sesuai dengan harapan, maka ikuti beberapa petunjuk pembuatan di bawah ini ya!

 

  1. Mula-mula masukkan susu bubuk, gula, ragi dan tepung. Lalu aduk sampai bahan-bahan tersebut berpadu dengan sempurna. Kemudian tambahkan Bahan B kecuali margarin. Uleni adonan sampai setengah kalis. Baru masukkan margarin.  
  2. Diamkan adonan selama sekitar 1 jam, baru potong-potong adonan sesuai dengan selera. Lalu diamkan lagi selama kurang lebih 10 menit. 
  3. Berikan topping dan olesi adonan memakai air serta wijen sembari agak ditekan agar menempel di adonan.  
  4. Kemudian goreng odading dengan minyak panas hingga berubah warna jadi kecokelatan. Resep odading siap dan menu bisa disajikan selagi hangat.

 

Tak sulit bukan? Resep odading ini cocok kamu buat selagi weekend untuk dijadikan kudapan manis saat sedang berkumpul dengan keluarga. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar