Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Berikut 3 Jenis Perkembangan Anak yang Perlu Diperhatikan dengan Serius!


Pen4blogku - Anak merupakan salah satu anugerah terbesar untuk setiap orang tua. Memiliki anak-anak yang cerdas, punya tumbuh kembang baik serta ceria merupakan dambaan semua orang tua. Namun untuk mendapatkan hasil akhir yang demikian, maka sebagai orang tua kamu harus berperan dengan baik dan bijak.


Anak-anak nantinya akan mengalami fase-fase perkembangan di mana membutuhkan peran orang tua. Terdapat 3 fase perkembangan anak yang berusia 1-3 tahun, di mana memerlukan perhatian yang serius dari orang tua. Nah, kamu harus memerhatikan dengan seksama ya perkembangan-perkembangan berikut ini. Jangan sampai luput dari perhatian!


1. Fase perkembangan emosional

Anak menangis harus diperhatikan via Useetv.com

Segi emosional merupakan salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian orang tua. Menginjak usia anak satu tahun, umumnya mereka akan jauh lebih ekspresif. Baik dalam menunjukkan perasaan suka, benci, sedih hingga sayang. Jika mereka sering mencium dan memeluk orang di sekelilingnya, maka ini merupakan tanda emosional sayang yang nyata. Kamu perlu lebih sering berinteraksi dengan anak agar perkembangannya dari segi emosional bagus.


2. Kognitif

Anak mulai bisa mengarang cerita via Dancow.co.id

Usia 1 hingga 3 tahun juga sering disebut sebagai masa awal perkembangan anak. Di mana anak mulai belajar tentang keterampilan untuk berbicara. Mulai dari pengucapan satu kata hingga perkembangan anak dalam hal frasa dan akhirnya jadi kalimat. Anak pun juga kian berkembang daya imajinasinya. Bahkan ia gemar melakukan skenario ala dirinya sendiri dengan mainan miliknya. Selain itu, di tahap berikut mereka juga gemar meniru bahasa dari orang-orang yang ada di dekatnya. Maka dari itu, kamu harus menyeleksi pemilihan kata-kata agar anak bisa meniru perkataan yang baik. Sebab kosakata akan senantiasa melekat pada daya kognitif anak.


3. Perkembangan seksual anak

Ajari anak mengenal bagian tubuh via Lifestyle.okezone.com

Memasuki usia 1 sampai 3 tahun kamu harus mulai mengajarkan buah hati perihal nama-nama anggota tubuh. Kamu bisa mengajari anak dengan cara bernyanyi bersama, sehingga dapat mudah di ingat. Ajari anak dari hal-hal yang sederhana, seperti tidak boleh asal melepaskan baju saat di tempat umum. Maka perlahan anak akan mempunyai sifat malu. Hal ini demi mengajarkan keamanan tubuhnya. Terlebih ketika berjumpa dengan orang asing. Sedikit demi sedikit kamu akan mulai merasakan perkembangan anak.


Jadi itu dia beberapa fase perkembangan anak yang harus kamu perhatikan ketika anak mulai memasuki usia 1 hingga 3 tahun. Jangan pernah melewatkannya!

Posting Komentar

0 Komentar