Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Nama Makanan Unik Asal Indonesia Ini Sukses Bikin Ngakak, Tapi Enak Kok!


Pen4blogku - Bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan surganya kuliner. Bahkan hampir setiap wilayah yang ada di Tanah Air mempunyai sajian khas masing-masing. Tak jarang, kuliner yang disajikan berbeda dari wilayah lain. 

 

Misalnya saja beberapa makanan unik berikut ini! Mereka memiliki nama-nama yang tidak biasa. Meskipun namanya agak nyeleneh, namun sensasi rasa yang dihasilkan juga cukup lezat loh. Penasaran apa saja makanan unik yang dimaksud? Ini dia mereka.

 

1. Kue Tete

makanan unik dari kue
Bikin sungkan saat disebut via Bandungdiary.id

Nama makanan unik ini dijamin akan membuat kamu tertawa! Kue Tete merupakan makanan tradisional yang juga dikenal dengan sebutan kue ape. Asalnya dari Betawi. 

 

Makanan ini terbuat dari tepung beras dan tepung terigu, lalu diberi pewarna daun pandan atau hijau. Berbentuk bulat melebar lalu terdapat tonjolan di bagian tengah. Maka dari itu ia diberi nama Kue Tete. 

 

2. Ketela Bajingan

makanan unik dari singkong
Rasanya manis via Idntimes.com

Apa kamu pernah mendengar nama makanan unik yang satu ini? Ketela Bajingan merupakan makanan yang berasal dari Temanggung, Jawa tengah. Makanan ini terbuat dari ketela pohon atau singkong. Umumnya ia dihidangkan secara utuh tanpa dipotong dulu. 

 

Alhasil jika dilihat sekilas akan tampak seperti bajing yang direbus. Ketela dimasak kemudian ditambahkan gula jawa, santan serta pandan. Kemudian diguyur dengan kuah kental yang manis. 

 

3. Kerupuk Melarat

makanan unik indonesia
Dilengkapi dengan saus cocol via Idntimes.com

Jika kamu sedang singgah ke Cirebon, Jawa Barat maka wajib membeli oleh-oleh berupa Kerupuk Melarat. Makanan ini dikenal dengan nama demikian lantaran proses pembuatannya yang tidak memakai minyak. Melainkan menggunakan pasir untuk menggoreng. 

 

Tapi tenang saja sebab pasirnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Makanan ini mungkin cukup unik bagi sebagian orang, namun rasanya sangat nendang untuk dijadikan camilan. Bahkan ada pula sambal asam untuk dicocolkan ke kerupuk tersebut. 

 

4. Nasi Kentut

pilihan makanan unik nusantara
Penampakan nasi kentut via Idntimes.com

Walau namanya terbilang aneh, namun makanan ini cukup lezat kok untuk masuk ke lidah kamu. Makanan unik asal Medan ini dimasak dengan daun sembukan. Nah, karena tanaman tersebut dikenal dengan julukan tanaman kentut di Sumatra serta Jawa, maka kulinernya diberi nama Nasi Kentut.  

 

Makanan tersebut akan dihidangkan bersama ayam gulung, tahu, ikan pepes serta tempe. Kendati dikenal sebagai tanaman kentut, namun daun sembukan punya banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengobati perut kembung, sariawan hingga radang telinga.

 

Nah, itu dia beberapa makanan unik di Indonesia yang namanya terbilang lucu. Tapi kamu patut mencobanya sebab sensasi rasa yang dihasilkan sangat nikmat.

Posting Komentar

0 Komentar