Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Kuliner Bali Super Enak yang Wajib Dicoba Saat Singgah

 


Pen4blogku - Bali merupakan salah satu tempat wisata asal Indonesia yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pulau Dewata memang memiliki keindahan yang tiada tandingannya. 

 

Selain memiliki kekayaan wisata alam yang berlimpah, di sana juga tersedia aneka ragam sajian kuliner khas. Apa kamu pernah mencicipi kuliner Bali? Terdapat aneka kuliner khas Pulau Dewata yang bisa kamu cicipi. Namun, setidaknya ada 4 kuliner populer yang sangat lezat. Cek daftarnya berikut ini, yuk!

 

1. Nasi Jinggo

kuliner bali sederhana
Mirip dengan nasi kucing via Medium.com

Jika Yogyakarta punya nasi kucing, maka Bali memiliki nasi jinggo. Kuliner Bali ini hampir mirip dengan nasi kucing loh! Nasi yang digunakan hanya sekepal tangan orang dewasa. Lalu diberikan aneka lauk seperti tempe goreng, ayam suwir serta mi goreng.

Ciri khas dari nasi jinggo ialah rasa sambalnya yang sangat pedas. Jadi ketika makanan ini masuk ke dalam mulut, kamu tak akan puas hanya dengan makan satu porsi saja. Dijamin kamu bakal ketagihan!

 

2. Sate Lilit

kuliner bali sate
Daging yang digunakan digiling via Masakapaya.com

Pernah mendengar nama kuliner Bali yang satu ini? Sate lilit sebenarnya memiliki keunikan tersendiri, sehingga ia cenderung berbeda jika dibandingkan dengan jenis sate pada umumnya.

Jika biasanya daging sate ditusuk, maka hidangan asal Bali yang satu ini dibuat dengan cara daging dihaluskan. Kemudian dililitkan di bagian batang daun serai maupun tangkai bambu. Daging yang digunakan pun berasal dari ikan tenggiri atau daging babi, bukan dari daging ayam. 

 

3. Komoh

salah satu kuliner bali
Sangat unik via Idntimes.com

Komoh merupakan salah satu kuliner Bali yang cukup unik. Makanan tersebut berisi kulit, daging dan hati. Umumnya makanan tersebut dihidangkan saat ada acara keagamaan. Jenis daging yang digunakan adalah bebek, ayam atau babi. Hidangan ini dibuat dengan cara daging dicincang halus, diberi bumbu kemudian diseduh dengan air panas. 

 

4. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

kuliner bali unik
Berasal dari rumput laut via Ksmtour.com

Ingin mencoba kuliner Bali yang punya cita rasa pedas tapi menyegarkan? Kamu bisa mencicipi rujak kuah pindang yang sangat pedas. Kuliner ini berupa irisan mangga yang dipadukan bersama kuah pindang serta cabai.

Ada juga kuliner rujak lain yang bernama rujak bulung. Di mana merupakan rujak yang terbuat dari rumput laut dan disiram bersama kuah pindang. Kira-kira bagaimana ya rasanya? 

Itu dia beberapa kuliner Bali yang bisa kamu coba. Namun untuk yang beragama Islam sebaiknya pilih makanan yang halal saja ya.

Posting Komentar

0 Komentar