Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia 4 Makanan Tradisional Asal Jawa Paling Terkenal, Pernah Coba?

 


Pen4blogku -  Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki aneka kekayaan. Salah satunya adalah kekayaan kuliner. Hampir setiap wilayah yang ada di Indonesia mempunyai kuliner khasnya masing-masing. 

 

Tak terkecuali wilayah Jawa. Jika kamu berkunjung ke provinsi Jawa, baik Jawa Timur, Jawa Tengah atau Jawa Barat maka cobalah untuk mencicipi hidangan makanan tradisional yang ada di sana. Nah, setidaknya ada 4 makanan tradisional paling populer yang bisa kamu cicipi. Ini dia daftarnya!

 

1. Rujak Cingur

makanan tradisional jawa
Kuliner khas surabaya via Sajiansedap.grid.id

Mungkin bagi mayoritas orang, rujak identik dengan buah-buahan. Tapi di Jawa Timur ada makanan tradisional bernama rujak cingur. Cingur dalam bahasa Jawa diartikan sebagai mulut. Sehingga menu makanan tersebut merupakan potongan moncong atau mulut sapi yang direbus dengan campuran aneka bahan.

Mulai dari kangkung, bengkuang, mangga muda, nanas, tempe, tahu, taoge, kacang panjang serta lontong. Kemudian makanan tradisional tersebut diguyur dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah, petis udang, cabai, bawang goreng dan bahan-bahan lain. 

 

2. Nasi Liwet

makanan tradisional jawa tengah
Harga terjangkau via Foodywithtidy.blogspot.com

Di Solo ada sajian nasi liwet juga loh! Bahkan rasanya tak kalah nendang dari Jawa Barat. Nasi Liwet asal Jawa Tengah tersebut dihidangkan bersama irisan ayam dan sayur labu siam. Cara memasaknya hampir sama dengan nasi uduk. Jadi, kalau singgah ke Solo jangan lupa mencicipi sajian makanan yang merakyat ini ya. 

 

3. Gudeg

makanan tradisional khas jogja
Paling terkenal via pinterest.cl

Bisa menebak asal makanan tradisional yang satu ini? Singgah ke Yogyakarta tak akan lengkap tanpa mencicipi hidangan berupa gudeg. Kamu bisa menemui makanan ini dengan mudah, sebab hampir di tiap sudut kota Yogyakarta selalu ada penjual makanan tersebut.

Gudeg merupakan makanan yang berbahan dasar nangka muda, dimasak bersama gula, santan dan daun jadi sehingga memberikan efek warna kecokelatan.

Teknik memasak makanan tersebut memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga bumbu benar-benar meresap. Biasanya gudeg dihidangkan bersama telur bacem, ayam kampung, sayur krecek, tahu serta santan yang kental. 

 

4. Manisan Pala

makanan tradisional jawa barat
Bisa dijadikan oleh-oleh via Kompasiana.com

Bagi sebagian orang, mungkin lebih mengenal dodol dibanding manisan pala. Padahal menu yang satu ini sangat cocok jadi oleh-oleh khas Jawa Barat. Manisan ini terdiri dari kering dan basah. Ia terbuat dari buah pala yang direbus, kemudian jika sudah matang akan disiram dengan air garam.

Lalu manisan akan direndam ke dalam air kapur untuk menjaga teksturnya. Kamu bisa menjumpai penjual manisan ini di kota Bogor, kabupaten Cianjur dan beberapa wilayah lain di Jawa Barat. 

 

Nah, itu dia beberapa makanan tradisional asal Jawa yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung.

Posting Komentar

0 Komentar