Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Begini 4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung!

 


Pen4blogku - Tak bisa dipungkiri jika jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang harus dijaga dengan baik. Sebab organ tersebut punya peran penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh. 

 

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung? Kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil. Awali dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat, kemudian pola makan sehat hingga menghindari kebiasaan yang buruk bagi jantung. Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

1. Lakukan olahraga secara rutin

menjaga kesehatan jantung
Luangkan waktu 20 hingga 30 menit per hari via Prfmnews.pikiran-rakyat.com

Tidak perlu menghabiskan waktu hingga 1 jam untuk olahraga. Kamu hanya perlu menyempatkan diri selama 20 hingga 30 menit tiap hari. Sebab rutin melakukan aktivitas fisik bisa bantu kurangi risiko terkena penyakit jantung. Beberapa alternatif olahraga untuk menjaga kesehatan jantung antara lain jogging, jalan kaki, berenang hingga naik turun tangga. 

 

2. Berhenti merokok

kesehatan jantung penting
Hentikan kebiasaan buruk via Klikdokter.com

Bagi para perokok aktif, mungkin kebiasaan yang satu ini sangat sulit untuk dihentikan. Namun perlu kamu tahu jika perokok punya risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner.

Selain perokok aktif, para perokok pasif pun juga memiliki risiko yang serupa. Hal tersebut lantaran zat beracun yang ada pada rokok bisa membuat pembuluh darah jantung rusak. Alhasil lambat laun aliran darah di organ jantung akan terganggu. Jika sudah begitu, maka kesehatan jantung dapat terancam!

 

3. Istirahat cukup dan kelola stres

 
kesehatan jantung manusia
Tidur yang cukup via Pikiran-rakyat.com

Kamu dianjurkan untuk tidur yang cukup, paling tidak 7 hingga 8 jam per hari. Seseorang yang kurang istirahat bisa tinggi risiko penyakit diabetes, darah tinggi hingga serangan jantung. Selain itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik dan periksa kondisi jantung secara rutin ke ahlinya. 

 

4. Konsumsi lebih banyak serat

 
makanan untuk kesehatan jantung
Buah tinggi serat via Parenting.orami.co.id

Pola makan seseorang turut menentukan kesehatan jantung. Sebab jenis makanan yang tinggi serat bisa bantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui jika LDL bisa memicu peluang terkena sakit jantung.

Maka dari itu, konsumsi serat secara cukup. Ketika konsumsi makanan tinggi serat, imbangi dengan air putih yang cukup supaya pencernaan lebih lancar. 

 

Jadi itulah beberapa upaya yang bisa kamu tempuh untuk menjaga kesehatan jantung.

Posting Komentar

0 Komentar