Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata, Lakukan Sedari Dini!

 


Pen4blogku -  Mata merupakan jendela kita untuk melihat dunia. Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan kesehatan mata dengan baik. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan sang panca indera. 

 

Apabila kamu tidak menjaganya dengan baik, maka mata akan rentan dengan beberapa masalah hingga berakibat pada hilangnya penglihatan. Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, jaga kesehatan mata sejak dini dengan 4 cara berikut ini!

 

1. Batasi menatap layar eletronik

menjaga kesehatan mata
Istirahatkan mata sejenak via Magazine.job-like.com

Dewasa ini kita kian dimanjakan oleh kecanggihan teknologi. Bahkan smartphone pun bisa digunakan untuk bekerja. Kendati demikian, kamu harus tetap membatasi penggunaan benda-benda elektronik seperti gadget maupun laptop. Tindakan tersebut sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mata.

Terlalu lama menatap layar komputer maupun smartphone bisa mengakibatkan mata jadi lelah. Maka dari itu, jika kamu bekerja dengan menatap layar komputer sepanjang hari maka siasati dengan mengalihkan pandangan tiap 20 menit dengan jarak 6 meter selama 20 detik. Kamu juga dapat mengistirahatkan mata sejenak selama 15 menit tiap 2 jam sekali. 

 

2. Konsumsi makanan kaya gizi


kesehatan mata itu penting
Rutin konsumsi sayuran hijau via Wartanasional.com

Mencegah lebih baik dari pada mengobati! Oleh karena itu, cegah penyakit mata dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Menurut penelitian menyebutkan jika makanan sehat yang memiliki aneka nutrisi seperti zinc, vitamin E, A, C, asam lemak omega-3, selenium dan lutein ampuh mencegah penyakit mata.

Salah satunya degenerasi makula serta katarak. Kamu bisa menjaga kesehatan mata dengan konsumsi sayuran berdaun hijau, telur, ikan tuna, salmon, jeruk hingga kacang-kacangan. 

 

3. Singkirkan make up lama

kesehatan mata harus dijaga
Perhatikan penggunaan riasan mata via Facetofeet.com

Ternyata riasan wajah juga berdampak pada kesehatan mata seseorang. Sebab make up untuk mata dalam bentuk krim maupun cair membuat bakteri mudah tumbuh. Jadi kamu harus rutin mengganti dan membuang riasan mata jika sudah digunakan selama 3 bulan.

Selain itu, jangan sering meminjamkan atau meminjam riasan wajah pada orang lain. Pastikan juga untuk mencuci wajah sampai bersih sebelum maupun sesudah pakai make up. Apabila kamu mengalami infeksi atau iritasi saat pakai make up, segera hapus riasan dan periksan ke dokter. 

 

Jadi, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, tak ada salahnya untuk rutin memeriksakan kondisi mata ke dokter.

Posting Komentar

0 Komentar