Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Manfaat Ampas Kelapa yang Jarang Diketahui Orang


Pen4blogku - Ampas kelapa seringkali dianggap sampah oleh sebagian orang. Padahal ampas kelapa memiliki manfaat yang sangat beragam. Mulai untuk kecantikan hingga kesehatan. Apa kamu salah satu yang hobi membuang ampas kelapa?

Jika kamu tahu manfaat ampas kelapa yang sebenarnya maka perilaku menganggap bahan tersebut sebagai sampah tak akan dilakukan lagi. Nah, berikut beberapa manfaat ampas kelapa yang wajib kamu ketahui.

1. Kurangi risiko penyakit mematikan

manfaat ampas kelapa yang ajaib
Kurangi risiko penyakit stroke. Gambar via honestdocs.id

Salah satu manfaat ampas kelapa yang tak terduga ialah mampu mengurangi risiko penyakit mematikan. Perlu kamu ketahui jika ampas kelapa dapat diolah jadi tepung kelapa. Di mana bahan alami tersebut mengandung rendah lemak, protein tinggi, bebas gluten dan karbohidrat.

Beberapa jenis penyakit yang dapat dicegah dengan bahan alami ini ialah stroke, diabetes melitus, kanker usus besar, hipertensi hingga serangan jantung.

2. Bantu melembapkan kulit kering

manfaat ampas kelapa yang ajaib
Ampas kelapa juga memiliki manfaat melembapkan kulit. Gambar via kitakini.news


Kamu punya masalah kulit kering? Maka biarkan ampas kelapa membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut. Bahan yang satu ini memiliki kandungan lemak yang bisa bikin kulit jadi lebih lembap.

Gunakan ampas kelapa sebagai masker wajah. Caranya dengan mengoleskan ampas kelapa ke area wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Baru bilas menggunakan air dan keringkan.

3. Bisa dijadikan pakan ternak

merupakan manfaat ampas kelapa
Bergizi bagi hewan ternak. Gambar via pidjar.com

Punya hewan ternak di rumah? Maka kamu bisa menggunakan ampas kelapa sebagai pakan ternak seperti kambing, sapi hingga babi. Menariknya manfaat ampas kelapa yang satu ini sangat menguntungkan. Sebab bisa menjadikan ternak lekas besar.

Ampas kelapa termasuk bahan pangan yang tinggi nutrisi, sehingga baik bagi pertumbuhan hewan ternak.

4. Baik untuk rambut

manfaat ampas kelapa yang ajaib
Ilustrasi rambut indah. Gambar via pixabay


Siapa sangka jika manfaat ampas kelapa juga berdampak pada bagian rambut. Hal tersebut berkat adanya kandungan lemak yang dianggap mampu menjadikan rambut lebih lembap serta sehat.

Jadi bagi kamu yang ingin memiliki rambut halus dan berkilau, maka bisa memanfaatkan ampas kelapa. Caranya dengan mengaplikasikan ampas tersebut ke area rambut usai dibersihkan. Lalu pijat lembut kulit kepala. Tunggu selama 15 hingga 20 menit. Baru bilas dengan air bersih. Mudah bukan mengaplikasikannya?

5. Jadi bahan dasar kue

manfaat ampas kelapa bagi masakan
Dapat dijadikan sebagai bahan kue. Gambar via pinterest.com

Jangan biarkan ampas kelapa jadi sia-sia! Kamu bisa mengolah ampas kelapa jadi kue yang lezat. Salah satu olahan kue yang bisa kamu buat dengan ampas kelapa ialah kue apem. Ada pula jenis kue basah maupun kering lain yang dapat kamu olah dengan bahan alami tersebut.

Bahkan tepung kelapa biasa digunakan oleh produsen makanan guna membuat biskuit, kue pei hingga cake. Kendati ampas kelapa termasuk limbah dari pengolahan santan, namun ampasnya merupakan bahan pangan yang tinggi serat.

6. Dapat dimanfaatkan jadi scrub wajah

manfaat ampas kelapa yang ajaib
Ampas juga bisa digunakan untuk scrub. Gambar via idntimes.com


Bagi kamu yang ingin membuat scrub wajah dari bahan alami, maka ampas kelapa jawabannya. Scrub yang terbuat dari ampas kelapa cukup efektif dalam mengeluarkan kotoran penyumbat pori-pori.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan ampas kelapa ke seluruh kulit. Lalu gosok dengan halus seperti memakai lulur. Biarkan selama beberapa menit agar nutrisinya menyerap dengan sempurna. Lalu bilas memakai air bersih.

7. Turunkan berat badan

bagian manfaat ampas kelapa
Efektif mengendalikan bobot tubuh. Gambar via klikdokter.com

Ampas kelapa yang diolah jadi tepung kelapa juga mampu dimanfaatkan untuk mengendalikan berat badan. Bahkan bisa pula untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Makanan tersebut juga cukup ampuh menambah asupan mineral dalam tubuh.

Setelah mengetahui manfaat ampas kelapa di atas, apa kamu masih ingin membuangnya? Sebaiknya manfaatkan dengan baik ya.

Posting Komentar

0 Komentar