Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah 8 Manfaat Arang Aktif yang Jarang Diketahui


Pen4blogku - Activated charcoal atau arang aktif merupakan arang yang terbuat dari bahan alami. Mulai dari batok kelapa, ampas gergaji, arang tulang hingga biji zaitun.

Dikarenakan dibuat dari bahan alami, maka manfaat arang tersebut juga berbeda dengan arang pada umumnya. Arang ini telah dipanaskan memakai suhu yang cukup tinggi.

Lantas, apa saja manfaat arang aktif tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini yuk.

1. Membersihkan saluran cerna

manfaat arang bagi tubuh
Bisa dikonsumsi dalam bentuk pil. Gambar via medcom.id

Tanpa kamu sadari, sistem pencernaan kadang dipenuhi oleh tumpukan sisa racun atau zat-zat yang memicu reaksi alergi apabila tak dibersihkan. Nah, kamu bisa coba konsumsi pil arang aktif guna membersihkan saluran cerna.

2. Usir bau badan

manfaat arang tersembunyi
Bau badan disebabkan racun dalam tubuh. Gambar via idntimes.com

Kamu punya masalah bau badan? Umumnya bau badan serta napas yang tak sedap disebabkan oleh pembuangan toksin serta racun di dalam tubuh. Untuk mengusir masalah tersebut, kamu bisa konsumsi pil arang aktif serta perbanyak minum air putih agar proses pembuangan racun bisa lebih maksimal.

3. Membantu atasi keracunan

manfaat arang atasi keracunan
Sejak dulu dimanfaatkan jadi penawar racun. Gambar via alodokter.com

Siapa sangka jika ternyata arang aktif mampu mengatasi keracunan. Sebenarnya sudah sejak dulu arang aktif dimanfaatkan sebagai penawar racun.

Hal tersebut lantaran zat warna hitam pekat arang memiliki kemampuan untuk mencegah penyerapan racun ke dalam tubuh serta mengikat racun. Jenis keracunan yang dapat diatasi oleh arang aktif ini seperti, keracunan zat besi, zat alkali, zat asam yang kuat, bensin hingga cairan pembersih.

4. Redakan masuk angin dan perut kembung

manfaat arang yang ampuh
Meredakan perut kembung. Gambar via bola.com

Manfaat arang aktif yang tak kalah mengejutkan ialah mampu mengikat zat yang dapat memproduksi gas berlebih di sistem pencernaan. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian dalam American Journal of Gastroenterology.

Biasanya zat-zat tersebut berasal dari minuman maupun makanan yang kamu santap. Supaya proses pembuangan gas atau cairan berlebih tersebut bisa lebih cepat, maka kamu dapat mengonsumsi air putih serta 1 butir norit sebanyak mungkin.

5. Membuat gigi putih

manfaat arang yang ajaib
Mencerahkan gigi kuning. Gambar via hijabista.com

Sudah tahu manfaat arang aktif yang satu ini? Arang aktif bisa juga mengembalikan warna gigi cerah lagi. Sebab zat di dalamnya bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar asam dalam mulut, usir bau mulut, cegah gigi berlubang hingga bantu redakan penyakit gusi.

Oleskan bubuk arang aktif ke sikat gigi yang sebelumnya sudah dibasahi. Lalu sikat gigi kamu seperti biasanya, terlebih di bagian gigi yang kuning serta bernoda. Kumur sampai bersih dan minum air secukupnya.

6. Membantu meredakan jerawat

manfaat arang yang hebat
Bisa dijadikan sebagai masker. Gambar via hijabista.com

Kamu dapat memanfaatkan arang aktif untuk dijadikan obat alami bagi jerawat. Caranya dengan mencampurkan bubuk arang aktif bersama 2 sendok teh gel lidah buaya. Lalu oleskan ke kulit yang berjerawat.

Biarkan selama beberapa saat, baru bilas dengan air hingga bersih. Zat arang yang telah aktif tersebut efektif dalam mengangkat serta mengikat kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

7. Turunkan kolesterol jahat

salah satu manfaat arang
Baik bagi kesehatan tubuh. Gambar via viva.co.id

Kendati manfaat arang aktif yang satu ini masih jadi kontroversi, namun menurut beberapa penelitian menyebutkan jika konsumsi 4 sampai 32 gram arang aktif bisa bantu turunkan kadar kolesterol dalam darah. Meliputi kolesterol jahat serta kadar kolesterol total.

Tetapi tingkat efektivitasnya perlu diteliti lebih lanjut, sebab ada hasil penelitian lain yang menyebutkan hasil akhir yang tak sama.

8. Cegah penuaan dini

manfaat arang aktif

Memiliki dampak baik bagi wajah. Gambar via harapanrakyat.com

 

Kamu bisa memanfaatkan pil arang aktif untuk membersihkan segala racun dan zat kimia berbahaya. Sebab bahan kimia yang berasal dari minuman serta makanan yang kamu konsumsi juga bisa memicu proses penuaan dini datang lebih cepat.

Jadi itu dia beberapa manfaat arang aktif bagi kesehatan dan kecantikan. Apa kamu berminat untuk memanfaatkan bahan alami tersebut?

Posting Komentar

0 Komentar