Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Berikut Daftar Makanan yang Baik untuk Ginjal, Catat ya!

 


Pen4blogkuSetiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat, di mana organ-organ vital yang ada di dalamnya memiliki fungsi yang baik dan dapat bekerja secara maksimal. Namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kamu harus  menerapkan gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan serta olahraga.

Salah satu bagian tubuh yang perlu kamu jaga dengan baik adalah organ ginjal. Sebab ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ia bisa menyaring sisa-sisa proses metabolisme tubuh dan kelebihan cairan dari darah melalui urine.

Nah, untuk menjaga fungsi organ ginjal, maka kamu disarankan rutin konsumsi beberapa makanan berikut.

1. Ikan

fungsi organ ginjal
Punya kandungan asam lemak omega-3 via Mart.travelio.com

Kabar baik untuk kamu yang gemar mengonsumsi ikan! Sebab makanan yang satu ini punya manfaat untuk menyehatkan organ ginjal. Hanya saja pilih jenis ikan yang tinggi omega-3, seperti tuna, makerel, kakap dan sarden. Jenis ikan tersebut baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal sekaligus pasien yang mengalami gangguan ginjal. Apabila kamu kurang suka makan ikan, maka bisa menggantinya dengan suplemen minyak ikan atau kacang-kacangan seperti kenari. 

 

2. Sayuran rendah kalium

manfaat organ ginjal
Tinggi antioksidan via Klikdokter.com

Beberapa sayuran yang rendah kalium ialah lobak, bunga kol, kol dan paprika. Jenis sayuran tersebut memiliki antioksidan dan kandungan vitamin C yang baik bagi kesehatan ginjal. Terlebih dalam melawan pengaruh buruk dari zat radikal bebas. 

 

3. Buah apel

jaga organ ginjal
Makan apel bersama kulitnya via Klikdokter.com
 

Suka konsumsi apel? Agaknya kamu perlu menjaga kegiatan tersebut agar berjalan secara rutin. Sebab apel termasuk salah satu buah yang ramah bagi organ ginjal. Apel juga memiliki asupan serat yang bantu turunkan glukosa darah serta kolesterol. Kamu dianjurkan menyantap buah apel beserta kulitnya, tapi cuci hingga bersih terlebih dahulu sebelum dimakan. Selain apel, kamu juga bisa coba aneka buah lain yang rendah kalium. Sebut saja seperti blueberry, nanas, strawberry hingga anggur. 

 

4. Putih telur

telur untuk organ ginjal
Batasi konsumsi kuning telur via Kerjausaha.com

Bukan rahasia lagi jika telur merupakan makanan yang tinggi protein, di mana terletak pada bagian putih telur. Kamu tetap boleh menyantap kuning telur, namun batasi ya! Sebab kuning telur punya kandungan fosfor yang cukup berlimpah. Sedangkan putih telur tinggi protein tapi rendah fosfor, sehingga baik untuk organ ginjal.

 

Selain konsumsi jenis makanan sehat di atas, kamu juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan air putih dengan minum air 8 gelas per hari. Selain itu jangan berlebihan dalam konsumsi suplemen herbal maupun vitamin. Batasi pula konsumsi kafein, hindari alkohol dan jauhi makanan maupun minuman yang mengandung bahan kimia atau pengawet demi jaga kesehatan organ ginjal.

Posting Komentar

0 Komentar