Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Begini Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi

 cara menurunkan kolesterol


Pen4blogku - Memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit merupakan dambaan banyak orang. Namun, kita juga harus menyadari jika hal tersebut tak mudah diwujudkan tanpa usaha yang maksimal. Sebab banyak sekali masalah kesehatan yang bisa mengintai kita. Salah satu masalah kesehatan yang rentan mengancam ialah kolesterol tinggi. 

 

Umumnya masalah kolesterol ini sering terjadi lantaran pola makan serta gaya hidup yang kurang baik dan terkesan berantakan. Padahal, memiliki kolesterol tinggi bisa mengantarkan kamu pada beberapa penyakit kronis. Sebut saja seperti stroke hingga jantung. Lantas, bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi? Kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut ini!

 

1. Penuhi asupan serat larut

cara menurunkan kolesterol
Kaya akan serat larut via Honestdocs.id

Guna membantu menurunkan kolesterol tinggi, maka cobalah menyantap beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan serat larut. Seperti lobak, alpukat, ubi jalar, apel, wortel, gandum, biji rami, kacang merah hingga pir. Jika ingin lebih praktis, maka kamu bisa mencoba suplemen atau minuman yang punya kandungan serat larut inulin dan beta glucan.

Inulin bermanfaat untuk turunkan LDL serta trigliserida. Sedangkan beta glucan bisa menurunkan kolesterol jahat serta kolesterol total di dalam tubuh. Lebih baik lagi jika minuman yang kamu pilih memiliki kandungan vitamin B1 serta B2 yang bisa bantu pembakaran kolesterol jadi energi.

 

2. Konsumsi buah dan sayur lebih banyak

kolesterol tinggi, cara atasi kolesterol
Buah penurun kolesterol via Klikdokter.com

Menurunkan kolesterol dalam darah bukanlah perkara yang mudah. Namun, tidak ada yang tak mungkin jika kamu berusaha. Cobalah untuk konsumsi lebih banyak sayur dan buah. Sebab jenis makanan tersebut bisa bantu turunkan kolesterol jahat. Kamu dianjurkan untuk konsumsi kurang lebih 500 gram buah serta sayur tiap hari.

 

3. Pilih jenis makanan rendah lemak

cara atasi kolesterol, cara mudah turunkan kolesterol
Beralih ke susu rendah lemak via Parenting.orami.co.id

Apabila memiliki masalah kolesterol tinggi, maka sebaiknya konsumsi jenis makanan yang rendah lemak. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti ikan, ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, daging sapi tak berlemak, putih telur, tempe, kacang-kacangan, dan tahu. Makanan pantangan yang harus dihindari ialah gorengan. Tak hanya itu, kamu juga wajib membatasi konsumsi makanan seperti kue kering, es krim, daging asap, sosis, makanan bersantan hingga biskuit. 

 

4. Olahraga secara rutin

kolesterol tinggi, buah penurun kolesterol tinggi
Jangan malas olahraga via Klikdokter.com

Ini dia salah satu kegiatan penting yang malas dilakukan oleh mayoritas orang. Selain mengatur pola makan, kamu juga disarankan guna rutin olahraga. Sebab aktivitas fisik ini bisa bantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Mulailah dengan gerakan olahraga yang kamu sukai. 

 

Nah, itu dia beberapa cara mudah untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Apabila telah memiliki riwayat kolesterol tinggi maka kamu harus lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup.

Posting Komentar

0 Komentar