Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ternyata Ini loh Manfaat Konsumsi Air Kelapa Hijau, Salah Satunya Cegah Sakit Jantung

 

air kelapa hijau

Pen4blogku - Pasti kamu tak asing lagi bukan dengan air kelapa hijau? Biasanya minuman yang satu ini sering dijajakan di pinggir jalan. Saat cuaca sedang terik, minuman ini paling cocok dinikmati bersama bongkahan es batu. Selain termasuk jenis minuman yang segar, air kelapa juga sering dijadikan sebagai obat alami. 

Beberapa orang percaya jika air kelapa hijau bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Umumnya kelapa hijau berasal dari kelapa yang usianya baru 6 bulan. Cirinya memiliki warna hijau cerah dengan lapisan batok warna merah muda. Di dalamnya pun hanya ada kandungan air. Nah, ternyata konsumsi jenis minuman ini akan ada manfaatnya bagi kesehatan.

1. Bantu memperbaiki proses metabolisme

air kelapa hijau
Air kelapa hijau via Youvit.co.id

Pernah mendengar jenis penyakit metabolik? Umumnya jenis penyakit tersebut ditandai dengan adanya kadar gula tinggi, hipertensi, kolesterol jahat yang tinggi, hingga trigliserida tinggi. Nah, konsumsi air kelapa bisa bantu perbaiki sistem metabolisme tubuh. Sehingga dapat turunkan risiko sejumlah penyakit metabolik seperti jantung. 

2. Cegah dehidrasi

manfaat air kelapa
Gejala dehidrasi via Klikdokter.com

Air kelapa mempunyai kandungan elektrolit dan gula yang hampir sama dengan larutan rehidrasi oral. Sehingga ia dapat dipakai guna menggantikan cairan yang hilang karena keringat berlebih maupun diare ringan. Ia pun memiliki kandungan mineral yang baik guna cukupi kebutuhan gizi harian. Selain itu, minuman ini juga berkhasiat cegah dehidrasi. 

3. Turunkan risiko infeksi

khasiat air kelapa
Tanda-tanda infeksi via Honestdocs.id

Kelapa hijau juga mempunyai kandungan mikronutrien dan vitamin seperti selenium, zink, mangan hingga tembaga. Beberapa senyawa tersebut bisa bantu memaksimalkan sistem imunitas tubuh. alhasil bisa cegah penyakit infeksi. 

4. Melawan radikal bebas

air kelapa hijau asli
Kelapa hijau via Uprint.id

Air kelapa hijau memiliki senyawa bernama fenolik, yakni antioksidan yang bisa bantu melawan dampak buruk dari radikal bebas. Senyawa ini juga bisa kurangi peradangan hingga cegah kerusakan oksidatif di sel tubuh. 

Kendati air kelapa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun jangan dikonsumsi secara berlebih ya! Sebab jenis minuman tersebut punya kandungan kalium yang cukup tinggi. Sehingga bisa mengancam organ ginjal kamu. Jadi, konsumsi secukupnya saja, ya. Akan lebih baik jika kamu minum air putih sesuai takaran dibanding konsumsi minuman-minuman tertentu.

Posting Komentar

0 Komentar