Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Berikut Gejala Awal Sakit Jantung yang Sering Diabaikan, Kenali Sebelum Terlambat!

 

 

Pen4blogku - Agaknya hampir semua orang mendambakan tubuh yang sehat dan bugar. Oleh karena itu, jika kamu mendambakan hal yang serupa maka harus menjaga tubuh sedini mungkin agar terhindar dari aneka penyakit mematikan. Salah satunya seperti penyakit jantung. Jenis penyakit yang satu ini memang terbilang kronis. 

 

Hendaknya kamu menganut prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah, gejala awal sakit jantung pada masing-masing orang berbeda. Namun jika kamu bisa mendeteksinya sedari awal maka akan menguntungkan bagi diri sendiri. Sebab gejala awal penyakit ini kadang tidak mengganggu sehingga sering diabaikan!

 

1. Gampang lelah

Sering lelah padahal hanya lakukan aktivitas ringan via Klikdokter.com
 

Kamu mungkin akan merasa jika lelah adalah kondisi umum yang terjadi saat usai mengerjakan pekerjaan yang cukup berat. Tapi kamu harus berhati-hati jika tiba-tiba lelah muncul tanpa ada alasan. Apalagi rasa lelah begitu hebat dibanding biasanya, maka bisa jadi ini tanda awal gejala penyakit jantung.

 

2. Nyeri di bagian dada

Dada seperti terbakar via Klikdokter.com
 

Angina pektoris atau nyeri dada merupakan gejala awal dari penyakit jantung koroner. Gejala ini cukup umum dirasakan, namun sensasi nyerinya bisa berbeda-beda pada tiap orang. Mungkin ada yang merasakan adanya benda berat yang menimpa dada. Tetapi ada juga yang merasakan sensasi terbakar di bagian tersebut. Nyeri ini bisa terjadi saat otot jantung tak memperoleh oksigen yang cukup. Di tahap awal sakit jantung, gejala tersebut mungkin hanya akan muncul saat kebutuhan oksigen dalam tubuh meningkat. Misalnya saja saat sedang olahraga atau ketika tekanan emosional terjadi. Gejala tersebut akan hilang dengan istirahat selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

 

3. Napas seperti tersengal

Merasa sesak via Halodoc.com
 

Kondisi berikut ini sering dirasakan usai melakukan kegiatan fisik yang berat, seperti olahraga. Tetapi bagaimana jika kamu sering merasakan kondisi tersebut? Hati-hati, sebab bisa jadi gejala awal penyakit jantung! Oleh karena itu jangan disepelekan ya. 

 

4. Detak jantung tidak teratur

Segera periksa ke dokter via Honestdocs.id
 

Apa kamu pernah merasakan detak jantung yang tak teratur? Misalnya saja detak jantung datang terlambat atau tiba-tiba detakan menyelip antara dua detak jantung yang normal. Umumnya kondisi ini terjadi jika kurang tidur atau berlebihan konsumsi kopi. Tetapi jika kamu sering merasakan keadaan tersebut, maka harus diwaspadai. Terlebih jika terjadi tanpa adanya alasan yang jelas. Maka tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. 

 

Itu dia beberapa gejala awal penyakit jantung yang perlu kamu waspadai. Kendati masih gejala awal, namun akan lebih baik jika kamu segera melakukan pemeriksaan.

Posting Komentar

0 Komentar