Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Resep Klepon Viral, Hanya Butuh 5 Langkah!


Pen4blogku - Pasti kamu sudah mendengar pemberitaan tentang klepon yang viral beberapa waktu belakangan ini bukan? Klepon merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Ia memiliki ciri khas berupa rasa manis nan legit, sehingga banyak orang yang memburu makanan berikut ini.


Jajanan pasar ini dibuat dari bahan utama berupa tepung beras ketan yang di isi dengan gula merah. Bentuknya bulat kecil dan memiliki warna hijau cerah. Ternyata kue klepon ini tak hanya eksis di Indonesia, melainkan juga bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, serta Singapura. Kamu bisa membuat klepon sendiri loh di rumah, begini resepnya!


Bahan-bahan

Tepung ketan putih via Indozone.id

Sebelum membuat kue klepon yang sedang viral ini, maka terlebih dahulu kamu harus menyiapkan beberapa bahan. Apa saja bahan-bahan tersebut? Simak daftarnya di bawah ini ya:

Bahan utama:

  • Air hangat 190-200 ml dan pasta pandan
  • Tepung ketan putih 200 gram
  • Gula jawa, serut halus secukupnya

Bahan kelapa parut:

  • Santan kara 10 ml
  • Air panas 40 ml
  • Sejumput garam
  • Kelapa parut kering 50 gram

Cara membuat

Sedang viral via Idntimes.com

Sudah tak sabar ingin segera membuat kue klepon viral? Maka kamu bisa mengikuti beberapa petunjuk pembuatan berikut ini!

  1. Pertama kamu harus membuat terlebih dahulu bahan kelapa parut. Caranya dengan mencampurkan semua bahan-bahan kelapa parut serta kukus selama kurang lebih 10 menit. Bisa juga dimasukkan ke dalam microwave selama 50 detik.
  2. Setelah itu, kamu bisa mengolah bahan untuk membuat kue klepon. Mula-mula campurkan air hangat dan tepung ketan yang telah dipadukan bersama pasta pandan. Aduk sampai rata. Apabila adonan sudah tak terasa keras atau bisa dipulung maka jangan berikan air lagi.
  3. Kemudian ambil sedikit adonan, lalu bentuk jadi bulat dan lubangi untuk menaruh gula merah di dalamnya. Selanjutnya bulatkan lagi dan ulangi hingga adonan habis.
  4. Rebus kue klepon dalam air mendidih, apabila telah mengapung tunggu sebentar hingga 3 menit supaya bagian dalam benar-benar matang sempurna.
  5. Terakhir angkat dan gulingkan klepon pada kelapa parut yang sebelumnya telah dikukus tadi. Kue klepon siap disajikan.

Tidak sulit bukan? Kamu bisa mencobanya di rumah, semoga berhasil!

Posting Komentar

0 Komentar