Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Trik Menyimpan Sayur & Buah dalam Kulkas Agar Tahan Lama



Pen4blogku - Tubuh memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk senantiasa mengonsumsi jenis makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan. Namun, beberapa orang merasa malas untuk mengonsumsinya. Terlebih, masa simpan sayur dan buah yang kurang tahan lama. Mayoritas orang akan menyimpan komponen bahan makanan tersebut di dalam kulkas agar awet dan tetap segar. 

Namun, tahukah kamu jika ternyata terdapat trik untuk menyimpan buah dan sayur-mayur tersebut? Jika cara menyimpannya keliru, maka sayur dan buah bisa menjadi layu dan rasanya pun akan berubah. Berikut cara menyimpan sayur & buah yang benar!

1. Perhatikan suhu kulkas

Source: bengkelmania.blogspot.com

Apa kamu sering menyimpan sayur dan buah dalam suhu yang terlampau ekstrem? Ini akan menyebabkan sayur mudah busuk lho! Terlebih jika kamu menyimpannya di dalam freezer. Maka sudah pasti akan rusak saat dicairkan. Bila kamu hendak menyimpan dalam suhu tinggi, pilihlah jenis bahan makanan tertentu. Misalnya saja yang bersifat lunak, kisut atau yang berkerut.

2. Sedang dalam kondisi kering

Source: www.grid.id

Bila sayur dan buah disimpan dalam kondisi basah, maka ia akan lebih mudah rusak dan tak akan langgeng di dalam kulkas. Sebaiknya, hindari mencuci sayur maupun buah saat hendak disimpan di dalam kulkas.

3. Simpan di tempatnya

Source:lifestyle.okezone.com

Pada masing-masing lemari es pasti disertai pula oleh tempat khusus untuk menyimpan buah dan sayur bukan? Nah, simpanlah bahan makanan tersebut pada tempatnya. Maka baik sayur atau buah pasti akan lebih tahan lama.

4. Gunakan kertas

Source: www.femina.co.id

Media apa yang kamu gunakan untuk menyimpan sayur dalam kulkas? Media terbaik untuk menyimpannya ialah kertas tapi bukan kertas koran ya! Coba tebak apa alasannya? Sebab, kertas memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban dengan sangat baik. Apabila kamu ingin yang super kering maka dapat melapisinya dengan tisu dapur pada bagian bawah sayur atau buah, lantas bungkuslah menggunakan kertas.

5. Lubangi plastik

Source: www.yukepo.com

Perlu kamu ketahui, jika baik sayur atau pun buah memiliki kandungan air yang akan hilang di kala masa panen. Mengapa? Sebab kandungan air akan menyusut seiring dengan proses penguapan pada proses pemanenan. Sehingga saat dimasukkan ke dalam kulkas, terlebih ketika kamu membungkusnya menggunakan plastik, maka sebaiknya lubangi plastik agar sayur dan buah tetap bisa bernapas.

Sudah tahu bukan trik menyimpan sayur dan buah yang benar? Agar cara tersebut dapat bekerja, maka harus kamu imbangi dengan kondisi kulkas yang bersih. Sebab, kulkas yang bersih bisa menentukan kualitas dari bahan makanan yang kamu simpan. Selain itu, upayakan agar suhu tetap terjaga agar tak ada bakteri yang masuk ke dalam lemari es. 

Kamu juga disarankan untuk mengambil sayur dan buah sesuai dengan kebutuhan. Lantaran sayur dan buah yang sering keluar-masuk lemari es dapat berubah kandungannya. Bahkan rasanya juga ikut berubah. Selain itu, mereka akan mudah busuk dan tak akan tahan lama. Nah, semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar