Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Manfaat Ampas Kopi yang Menakjubkan, Wajib Tahu!


Pen4blogku - Pasti kamu tak asing lagi bukan dengan minuman bercita rasa menggoda seperti kopi? Umumnya orang akan langsung membuang ampas kopi pasca menyeduh airnya. Padahal terdapat manfaat ampas kopi yang sangat menakjubkan.

Bahkan manfaat ampas kopi tak hanya baik bagi kesehatan kulit saja, melainkan untuk lingkungan juga. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

1. Anti hama

manfaat ampas kopi usir hama
Ampuh mengusir hama bertubuh lunak. Gambar via cnnindonesia.com

Tak disangka ternyata manfaat ampas kopi juga bisa dijadikan sebagai penangkal hama. Kamu dapat menaburkan ampas kopi ke tanah yang ada di sekitar area pot tanaman.

Bubuk kopi tersebut akan mencegah hama seperti siput, bekicot hingga hewan pemakan daun bertubuh lunak lain. Bahkan ampas kopi juga mampu mencegah datangnya ulat daun. Sebab kupu-kupu tak tertarik guna bertelur pada daunnya akibat aroma kopi tersebut.

2. Mengusir ketombe

manfaat ampas kopi untuk tubuh
Menjadikan kulit kepala lebih sehat. Gambar via honestdocs.id

Ketombe merupakan salah satu masalah yang bisa menyerang siapa saja. Jika kamu salah satu orang yang mengalami masalah tersebut, maka segera atasi dengan ampas kopi.

Caranya dengan mengambil beberapa genggam ampas kopi yang usai diseduh. Lalu oleskan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas memakai air bersih dan sampo.

3. Menghilangkan aroma tak sedap di kulkas

manfaat ampas kopi sebagai pengharum
Jadi bahan alami pengusir aroma tak sedap. Gambar via alfacart.com

Ingin memberikan nuansa harum di dalam kulkas? Maka kamu bisa mengandalkan manfaat ampas kopi yang satu ini.

Letakkan ampas kopi ke dalam mangkuk, kemudian biarkan selama 2 jam di kulkas. Aroma kopi tersebut akan bantu menetralkan bau tak sedap yang timbul dari dalam lemari es.

4. Bisa jadi lulur dan scrub

varian manfaat ampas kopi
Angkat sel kulit mati. Gambar via bp-guide.id

Bukan rahasia lagi jika ampas kopi kini dimanfaatkan untuk bahan perawatan kecantikan. Bahkan banyak lulur yang dibuat dari bahan dasar kopi. Hal tersebut lantaran kandungan kopi bisa bantu kulit jadi lebih halus.

Partikel kasar serta kandungan asam dalam bubuk kopi berperan sebagai eksfoliator yang sempurna bagi kulit. Alhasil bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Kamu bisa membuat lulur ampas kopi sendiri, caranya dengan mencampurkan ampas kopi bersama minyak kelapa atau air, lalu oleskan ke seluruh tubuh.

5. Usir nyamuk

manfaat ampas kopi di lingkungan
Nyamuk betina benci aroma kopi. Gambar via detik.com

Manfaat ampas kopi yang tak kalah mengejutkan ialah ampuh mengusir nyamuk. Hal tersebut lantaran mayoritas nyamuk tidak menyukai aroma kopi. Bahkan nyamuk betina tak akan bertelur di air yang memiliki kandungan ampas kopi sebab air tersebut tak baik untuk perkembangan telur.

Kamu bisa menuangkan ampas kopi di tempat-tempat yang biasa jadi sarang nyamuk. Selain nyamuk, serangga lain yang tak menyukai ampas kopi ialah semut hingga lebah.

6. Menyamarkan selulit

manfaat ampas kopi yang mengejutkan
Bantu menghilangkan selulit. Gambar via sociolla.com

Selulit bisa mengganggu penampilan yang berujung pada kurang percaya diri. Namun kamu tak perlu khawatir, sebab selulit bisa disiasati dengan bubuk kopi.

Campurkan bubuk kopi bersama body lotion kemudian letakkan di area selulit dan gosok atau pijat dengan lembut. Tindakan tersebut bisa membuat pemecahan lemak pada kulit sehingga menghilangkan masalah selulit. Tunggu selama kurang lebih setengah jam kemudian bilas.

7. Cegah penuaan

salah satu manfaat ampas kopi
Ampas kopi jangan dibuang. Gambar via mldspot.com

Kamu bisa menggunakan ampas kopi sebagai masker alami yang mampu mencegah penuaan dini. Olah ampas kopi yang sebelumnya sudah diseduh. Lalu oleskan ke area wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas memakai air bersih.

Kandungan antioksidan dan kafein pada bubuk kopi bisa dijadikan solusi untuk mencegah penuaan serta bantu kurangi lingkaran hitam di area bawah mata.

Nah itulah beberapa manfaat ampas kopi yang bisa kamu dapatkan. Olah sesuai kebutuhan kamu ya.

Posting Komentar

0 Komentar