Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Tips Merawat Tanaman Hias Aglaonema Agar Tumbuh Subur!

 


Pen4blogku -  Pasti kamu tak asing lagi bukan dengan tanaman aglaonema atau lebih akrab disebut aglonema ini? Saat ini para pencari tanaman hias banyak yang mengincar jenis tumbuhan tersebut. Selain tampilannya yang indah, tanaman tersebut juga memiliki harga cukup fantastis. 

Meski begitu, merawat tanaman hias satu ini juga tak mudah lho! Ada beberapa masalah yang kerap muncul saat merawat jenis tanaman tersebut. Hal yang paling umum terjadi ialah daunnya cepat menguning dan berangsur mati, meskipun cukup rutin disiram.

Lantas, bagaimana cara merawat tanaman aglaonema yang benar? Sebaiknya kamu simak dulu caranya di sini, ya.

1. Pangkas daun yang sudah layu

ragam tanaman hias
Rutin pantau tanaman via Artikel.rumah123.com

Seiring dengan berjalannya waktu, tanaman hias ini akan memiliki dedaunan layu berwarna kuning. Jika hal tersebut terjadi pada tanaman aglaonema milikmu, maka segera pangkas memakai pisau maupun gunting khusus tanaman.

Tujuannya supaya keindahannya bisa terpancar kembali. Kamu juga dianjurkan untuk rutin mengelap daunnya supaya tampak lebih indah nan bersinar. 

 

2. Hindarkan dari sinar matahari langsung

tanaman hias indoor
Letakkan pada tempat yang rindang via Mycityplants.com

Usahakan untuk meletakkan pot tanaman aglaonema pada ruang yang rindang dan jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung. Tumbuhan tersebut bisa tumbuh subur di bawah naungan tempat yang rindang dengan udara sejuk. Sehingga harus dijauhkan dari kontak matahari secara langsung. 

 

3. Siram dengan tepat

tanaman aglaonema dalam pot
Siram 2 -3 hari sekali via Lumikasa.com

Tanaman aglaonema termasuk tumbuhan yang suka dengan kelembaban serta kesejukan. Namun bukan berarti hal tersebut kamu jadikan alasan untuk menyiramnya setiap hari. Tanaman hias dengan corak batik tersebut akan memiliki batang dan akar yang busuk apabila kamu berikan air secara berlebihan.

Tetapi jika tidak diberikan cukup air maka tanaman juga bisa kering lalu mati. Penyiraman yang ideal ialah pada 2 hingga 3 hari sekali demi menjaga media tanam agar selalu basah dan suplai air tercukupi. 

 

4. Singkirkan gulma

tipe merawat tanaman aglaonema
Jangan biarkan tanaman pengganggu tumbuh via Thetimes.co.uk

Tanaman hias yang satu ini memang bisa saja terserang oleh gulma. Maka dari itu, kamu harus melakukan pemantauan pada tanaman kesayangan. Apabila ada tanaman lain atau gulma yang tumbuh, maka segera cabut dan singkirkan.

Sehingga tidak ada suplai air atau nutrisi yang diambil. Gulma harus kamu cabut sampai ke akar supaya tidak tumbuh lagi. 

 

Jadi, itu dia beberapa cara yang tepat merawat tanaman aglaonema agar bisa tumbuh subur. Ingat ya, tanaman hias baru bisa tumbuh dengan baik apabila kamu merawatnya dengan tepat.

Posting Komentar

0 Komentar