Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ternyata Ini Penyebab Tanaman Indoor jadi Layu, Mana yang Sering Kamu Lakukan?

 

merawat tanaman indoor

Pen4blogku - Tanaman hias sedang jadi trend dan kegemaran bagi banyak orang belakangan ini. Selain cantik, jenis tanaman tersebut juga bisa menambah nilai estetika dalam sebuah rumah. Sehingga tak jarang banyak yang menanam jenis tanaman tertentu di dalam ruangan. Apa kamu salah satu yang memiliki tanaman indoor

 

Menanam tanaman indoor memang tidak mudah, namun agaknya tindakan tersebut akan menguntungkan. Sebab tidak hanya membuat ruangan lebih hidup, beberapa jenis tanaman tertentu mampu jadi pembersih udara. Alhasil udara di rumah jadi lebih bersih dan segar. Ada beberapa hal yang menyebabkan tanaman indoor jadi mudah layu. Apa saja penyebabnya? Pelajari yuk ulasan berikut ini!

 

1. Tidak diberikan pupuk

merawat tanaman hias
Beri pupuk secara rutin via kompasiana.com

Tanaman indoor juga membutuhkan nutrisi sama seperti tanaman hias lain. Kamu bisa memberikan nutrisi pada tanaman melalui pupuk. Terlebih pada jenis tanaman yang ditanam dalam pot. Berikan pupuk secara berkala pada tanaman. Pemberian pupuk juga harus sesuai dengan prosedur, jangan kurang maupun berlebihan. Sebab jika tidak diperhatikan maka tanaman bisa mati.

 

2. Kelebihan air

merawat tanaman indoor
Air secukupnya via Mommyasia.id

Mayoritas orang beranggapan jika tanaman hias yang diletakkan dalam ruangan harus banyak diberi air. Padahal tidak semua tanaman dalam ruang memerlukan asupan air yang berlimpah. Kamu hanya perlu menyiram tanaman secara rutin tanpa berlebihan. Sebab terlalu banyak diberi air akan membuat akar tanaman jadi busuk, alhasil tanaman indoor akan layu bahkan mati. Cobalah menyusun jadwal yang tepat untuk menyiram tanaman. 

 

3. Terkena penyakit

tata letak tanaman indoor
Simpan di tempat yang terkena cahaya matahari via idea.grid.id

Meskipun diletakkan dalam rumah, tetapi tanaman hias juga rentan terserang penyakit. Jenis penyakit tersebut bisa menyerang bagian daun, akar, batang hingga bunga. Hal tersebut terjadi lantaran serangan bakteri maupun jamur. Misalnya saja pada tanaman cabai, ia bisa layu sebab terpapar jamur fusarium oxysporium f.sp.capsici. Oleh karena itu, jika tanaman indoor terkena bakteri atau jamur maka segera buang bagian yang terpapar penyakit. Kemudian semprot memakai pestisida yang tepat.

 

4. Kekurangan sinar matahari

tanaman hias dalam rumah
Tanaman indoor mnghidupkan rumah via Popmama.com

Kendati tanaman hias diletakkan dalam ruangan, namun ia tetap memerlukan cahaya matahari langsung. Jika tanaman kekurangan sinar matahari, maka ia akan terlihat pucat. Oleh karena itu, sesekali jemur tanaman di bawah sinar matahari. Jika memang tidak ada waktu untuk membawa tanaman keluar rumah, maka pastikan ia ditempatkan pada ruang yang terpapar sinar matahari.

 

Nah, itu dia beberapa penyebab mengapa tanaman hias yang diletakkan dalam ruangan bisa mudah layu hingga mati. Kamu harus merawat tanaman dalam ruang tersebut dengan cara yang tepat.

Posting Komentar

0 Komentar