Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Waspadai 5 Jenis Makanan & Minuman Perusak Ginjal Berikut!





Pen4blogku - Jika berbicara tentang organ tubuh, maka ada beberapa organ yang memiliki fungsi vital. Sehingga kesehatannya harus dijaga dengan baik. Salah satu organ tubuh tersebut ialah ginjal. Apabila ginjal rusak, maka dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain. Bahkan aktivitas kamu juga bisa terganggu karenanya. 

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Tentu kamu harus memperbaiki gaya hidup. Bagian dari gaya hidup yang harus diperbaiki ialah pola makan. Sebab pola makan yang salah dapat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Terlebih jenis-jenis makanan yang hendak disantap. Beberapa jenis makanan dan minuman perusak ginjal berikut perlu kamu hindari demi menjaga kesehatan ginjalmu!

1. Garam

Source: inspiring.id


Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi garam maka akan semakin banyak pula kandungan air yang diikat dalam tubuh. Alhasil jumlahnya akan berlebih. Hal tersebut nantinya akan membuat organ tubuh kamu bekerja dengan sangat keras. Terlebih pada organ jantung dan ginjal. Bahkan jika kamu mengonsumsi natrium klorida (garam) tanpa diimbangi dengan adanya asupan kalium yang cukup maka bisa membuatmu terkena penyakit jantung lho! Ginjal pun juga akan merasakan dampaknya.

2. Soda

Source: www.healthline.com


Gemar mengonsumsi soda? Maka akan lebih baik jika mulai sekarang kamu menghindarinya. Minuman bersoda memiliki kandungan berupa senyawa fosfat yang jumlahnya berlimpah. Senyawa tersebut dapat mengambil cadangan kalsium yang letaknya di tulang. Alhasil dapat memicu osteoporosis. Tak hanya itu, sebab soda juga dapat memicu timbulnya penyakit ginjal kronis yang harus segera disembuhkan agar tak kebablasan. 

3. Protein hewani yang berlebih

Source: www.erabaru.net


Tak ada salahnya jika mengonsumsi protein hewani. Sebab itu merupakan kebutuhan tubuh. Namun sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan pasti tak akan baik bukan? Sama halnya jika kamu mengonsumsi protein hewani dalam jumlah yang banyak. Sebagai contoh protein hewani tinggi yang berasal dari daging merah bisa meningkatkan terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi protein hewani dengan jumlah yang wajar.

4. Kopi

Source: lifestyle.kompas.com


Sama halnya seperti garam, kafein juga bisa memicu peningkatan tekanan darah serta bisa memberikan tekanan yang sangat hebat pada organ ginjal. Lambat laun terlalu banyak mengonsumsi kopi juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal.

5. Pemanis buatan

Source: hellosehat.com

Jenis pemanis buatan yang cukup dikenal ialah sakarin dan aspartam. Perlu kamu ketahui jika pemanis buatan tersebut ternyata dapat membuat kinerja ginjal menurun. Pemanis buatan adalah senyawa kimia yang memiliki cita rasa manis serta biasanya digunakan secara umum pada industri minuman, makanan dan farmasi. Senyawa tersebut sifatnya toksik untuk ginjal.

Posting Komentar

0 Komentar