Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Singgah ke Kalimantan Timur Jangan Lupa Jajal 4 Kuliner Khasnya Berikut Ini!

 

 

Pen4blogku - Kalimantan Timur merupakan salah satu wilayah yang memiliki aneka destinasi wisata menarik. Apa ada destinasi wisata di Kalimantan Timur yang ingin kamu kunjungi? Wilayah yang satu ini tak hanya memiliki kekayaan alam yang memikat, namun disertai juga oleh ragam wisata kuliner yang bikin ketagihan. 

 

Beberapa destinasi wisata yang menarik di Kalimantan Timur ialah Pulau Maratua, Derawan hingga Kakaban. Ketiga destinasi tersebut wajib kamu kunjungi saat memutuskan untuk singgah ke Kaltim. Selain itu, jangan lupa cicipi beberapa kuliner khasnya berikut ini!

 

1. Gence ruan

Cocok dengan nasi putih hangat via Merahputih.com
 

Gence ruan adalah ikan gabus atau biasanya masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama ikan Haruan yang dimasak dengan cara dibakar di atas api memakai bumbu tumis berlimpah. Usai dibakar, ikan kemudian akan dilumuri bersama sambal goreng. Menu ini akan makin lezat saat kamu menikmatinya bersama sepiring nasi hangat serta tumis daun pakis yang memiliki sensasi renyah. 

 

2. Bubur pedas

Diolah dengan banyak rempah via Makankhaskalimantan.blogspot.com
 

Agaknya menu bubur tak asing lagi kedengarannya di telinga kita. Bukan demikian? Kendati demikian, ada bubur khas yang wajib kamu santap saat berkunjung ke Kalimantan Timur. Bubur ini memiliki sensasi rasa pedas, biasanya ia dihidangkan bersama kacang goreng serta ikan teri. Namun pengunjung juga bisa menikmatinya bersama suwiran daging ayam. Bubur ini terbilang berbeda lantaran dipadukan dengan beberapa rempah seperti lada hitam, jintan, cabe, lengkuas serta ketumbar. Tertarik mencobanya? 

 

3. Sate Payau

Terbuat dari daging rusa via Resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.com
 

Pernah dengar nama kuliner bernama sate payau? Jika biasanya sate menggunakan bahan pokok seperti daging kambing, ayam hingga sapi maka sate yang berasal dari Kalimantan Timur ini cukup berbeda. Sebab daging yang dipakai berasal dari rusa. Menu kuliner yang satu ini biasanya akan ikut menyemarakkan acara festival kesenian atau upacara adat di wilayah sekitar. Tekstur yang dihasilkan dari olahan sate daging rusa ini terbilang lembut. Kamu bisa menemuinya di sekitar Tepian Pandan, Tenggarong. 

 

4. Nasi bekepor

Cukup langka via Borneo24.com
 

Kendati cukup sulit dicari, namun Nasi Bekepor ini memiliki rasa yang bikin ketagihan. Sehingga banyak pula orang yang mencari-cari kuliner khas Kalimantan Timur ini. Menu ini terdiri dari nasi putih yang dicampur bersama minyak sayur, rempah serta ikan asin. Umumnya ia dihidangkan dengan sayur gangan asam kukar yang serupa dengan sayur asam dan diolah dengan ubi manis serta ikan khas Kaltim. 

 

Nah, itu dia rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba!

Posting Komentar

0 Komentar