Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal 4 Kuliner Sumatra Utara Unik yang Rasanya Bikin Penasaran


Pen4blogku - Sumatra Utara merupakan salah satu wilayah yang berada di Indonesia. Di mana provinsi tersebut dikenal memiliki keanekaragaman budaya dan kuliner. Hampir tiap suku dan wilayah yang berada dalam provinsi tersebut mempunyai kuliner khas yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk singgah ke sana maka ada beberapa kuliner Sumatra Utara yang wajib dirimu cicipi. Penasaran apa saja ragam kuliner tersebut? Catat ya daftarnya di bawah ini.

1. Mie Gomak

kuliner Sumatra Utara lezat
Disebut pula dengan spageti khas batak toba. Gambar via merdeka.com

Pencinta kuliner mie mana suaranya? Jika kamu berkunjung ke Sumut, maka wajib mencicipi menu yang satu ini. Mie Gomak merupakan kuliner Sumatra Utara yang juga dikenal dengan nama spageti khas Batak Toba.

Pembuatan kuliner ini cukup mudah, yakni dengan mencampurkan mie spageti yang telah direbus bersama bumbu daerah. Alhasil perpaduan rasa yang dihasilkan pun sangat berbeda. Jadi jangan lupa mencoba kuliner ini saat singgah di Sumatra Utara supaya tak penasaran.

2. Dekke Na Niura

kuliner Sumatra Utara hits
Terbuat dari ikan mas. Gambar via loveusaha.com

Ini merupakan salah satu kuliner Sumatra Utara yang terbuat dari ikan mas. Awalnya kuliner yang satu ini hanya disajikan ketika ada acara adat saja. Sebab menurut sejarah, dekke na niura memang merupakan makanan khusus untuk raja-raja dari suku Batak. Namun kini semua bisa menyantap makanan tersebut.

Cara pengolahan makanan tersebut juga terbilang sederhana, yakni dengan mengoleskan bumbu serta asam ke ikan yang telah dibersihkan. Bagi yang pertama mencicipi mungkin rasanya akan agak aneh namun dijamin bikin ketagihan.

3. Dali Ni Horbo

kuliner Sumatra Utara enak
Salah satu kuliner unik yang wajib dicoba. Gambar via loveusaha.com

Kuliner Sumatra Utara yang bernama dali ni horbo ini termasuk sangat unik. Sebab memakai bahan utama berupa susu kerbau yang dibekukan. Proses memasaknya dengan mencampurkan susu yang telah dibekukan bersama bumbu khas daerah Sumut. Penasaran dengan rasanya?

4. Kue Ombus-ombus

varian kuliner Sumatra Utara
Camilan yang biasa disajikan bersama kopi. Gambar via merahputih.com

Apa kamu pernah mendengar nama kuliner Sumatra Utara yang satu ini? Kue Ombus-ombus merupakan makanan yang sering ditemui ketika ada pesta adat. Biasanya makanan tersebut disajikan bersama kopi.

Kue tersebut dibuat dengan cara dikukus. Ia menggunakan bahan dari tepung beras yang dicampur bersama gula merah lalu dibungkus dengan daun pisang. Menu camilan ini sangat nikmat bila disantap dalam kondisi hangat.

Jadi itulah beberapa kuliner Sumatra Utara unik dengan cita rasa yang bikin penasaran. Apa kamu tertarik ingin mencicipinya?

Posting Komentar

0 Komentar