Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

10 Manfaat Minyak Kayu Putih Ini Jarang Sekali Diketahui, Yuk Simak!


Pen4blogku - Minyak kayu putih sering menjadi andalan saat seseorang merasakan tidak nyaman dengan kondisi tubuh. Bahkan sudah jadi barang yang akrab ketika seseorang merasakan meriang, mual dan pusing. Walaupun tak semua orang menyukai perihal aromanya, namun minyak kayu putih tetap dimanfaatkan untuk mengatasinya.

Tapi, kamu harus tahu bahwa minyak kayu putih ini tidak sekadar untuk mengatasi berbagai hal tersebut. Ada banyak manfaat lainnya dari minyak kayu putih yang begitu membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ada 10 manfaat lain dari minyak kayu putih yang perlu kamu ketahui.

1. Meredakan Batuk

Ilustrasi batuk. Sumber gambar: pexels


Batuk salah satu penyakit yang bisa timbul oleh beberapa hal, seperti infeksi virus, alergi, atau kondisi lain pada tubuh. Disinilah peran kayu putih yang dapat dimanfaatkan sebagai dekongestan alami hanya dengan menghirup uapnya. Sehingga membantu meredakan batuk.

Selain itu, minyak kayu putih juga dapat membantu untuk melegakan tenggorokan. Kamu  bisa mengoleskannya pada bagian tubuh tertentu agar hidung yang mengalami penyumbatan akibat pilek lebih terasa lega.

2. Merawat Luka

Ilustrasi luka. Sumber gambar: pixabay

Perlu kamu ketahui bahwa minyak kayu putih hingga saat ini diandalkan untuk mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Bahkan orang dari suku Aborigin Australia menggunakan obat alami berupa daun minyak kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi.

Kamu dapat memanfaatkan krim atau salep khusus dengan bahan aktif kayu putig untuk membantu perawatan luka ringan di rumah. Minyak kayu putih juga bisa kamu manfaatkan untuk meredakan gejala herpes dengan cara mengoleskannya pada area yang sakit.

3. Membantu Mengatasi Infeksi Kulit

Ilustrasi mengobati luka. Sumber gambar: halodoc.com

Kandungan zat cineole yang terkandung pada minyak kayu putih juga mempunyai manfaat untuk mengatasi infeksi pada kulit. Kamu dapat mengoleskan minyak kayu putih pada bagian kulit yang terinfeksi. Dengan begitu sensasi hangat akan muncul dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, minyak kayu putih juga terbilang aman untuk kulit karena dapat bantu mencerahkan dan melembutkannya. Namun perlu konsultasi dengan dokter jika kamu hendak menggunakannya secara rutin, ya.

4. Meringankan Kram Otot

Ilustrasi kram otot. Sumber gambar: pixabay


Kontraksi otot yang datang secara tiba-tiba akan memicu timbulnya rasa sakit yang dinamakan kram otot. Masalah ini pastinya akan sangat mengganggu aktivitasmu. Kondisi ini bisa saja terjadi oleh beberapa hal seperti otot digunakan secara berlebihan, dehidrasi, atau kurangnya kadar elektrolit darah. 

Nah, kamu bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membantu meredakan kram otot, selain melakukan peregangan. Minyak kayu putih memiliki sifat analgesik sehingga mampu membantu mengatasi kram pada otot. 

5. Mengatasi Bau  Mulut

Bau mulut. Sumber gambar: giatros-in.gr


Bau mulut adalah satu masalah yang membuat siapapun akan merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Ini biasanya disebabkan oleh adanya kuman pada mulut.

Minyak kayu putih atau Eucalyptus mempunyai kandungan antibakteri yang bisa mengatasi bau mulut. Dengan adanya antibakteri, maka kerusakan pada gusi dan kemungkinan terbentuknya plak bisa dicegah dan dikurangi.

Kamu bisa memanfaatkan obat kumur atau permen karet yang mengandung ekstrak Eucalyptus untuk mengatasi masalah bau mulut ini.

6. Mengurangi Ketombe

Ketombe di kulit kepala. Sumber gambar: zibashar.com


Siapa yang tidak kesal dengan kehadiran ketombe pada rambut kepala. Masalah ini sering membuat si pemilik rambut merasa tidak percaya diri.

Kamu dapat mengatasinya dengan minyak esensial seperti minyak kayu putih dan atsiri. Hal ini diketahui dari penelitian yang pernah dilakukan tahun 2013 di India. Disebutkan pada riset tersebut, campuran minyak esensial seperti kayu putih dan atsiri dapat mengatasi jamur malassezia penyebab panu dan ketombe di kepala.

7. Membantu Meredakan Sakit Gigi

Ilustrasi sakit gigi. Sumber gambar: klikdokter.com


Rasa sakit pada gigi memang membuat aktivitas apapun jadi tidak nyaman. Gigi terasa ngilu juga akan membuat selera makan hilang.

Bila kamu tiba-tiba merasakan sakit gigi, maka bisa manfaatkan minyak kayu putih. Caranya, teteskan lebih dulu minyak kayu putih pada kapas lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Biasanya ini akan membantu meredakan ngilu selama beberapa jam.

Bisa juga kamu oleskan minyak kayu putih ini pada area tertentu guna meredakan sakit pada gusi pasca mencabut gigi.

8. Mengobati Bintitan

Mata bintitan. Sumber gambar: klikdokter.com


Mata bintitan adalah salah satu permasalahan yang sering dialami kebanyakan orang. Nah, kamu bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengatasi hal ini. Tentu khasiat minyak kayu putih satu ini sangat jarang diketahui banyak orang.

Untuk caranya,  kamu celupkan cotton buds ke dalam minyak kayu putih, kemudian oleskan pada bagian mata yang bintitan. Selain itu, kamu bisa juga mencoba mencelupkan kapas pada minyak kayu putih, lalu menyimpannya terlebih dulu ke dalam freezer. Selanjutnya bisa kamu gunakan kapas tersebut untuk mengompres mata yang bintitan.

9. Mengatasi Gigitan Serangga dan Nyamuk

Gigitan nyamuk pada kulit. Sumber gambar: pexels


Aroma khas dari kayu putih bisa menjauhkan kita dari serangga dan nyamuk. Selain itu, minyak kayu putih juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi efek gatal dari gigitan nyamuk dan serangga. Sifat anti peradangan yang terkandung dari kayu putih inilah yang mengurangi rasa gatal dan efek ruam pada kulit akibat gigitan serangga serta nyamuk.

10. Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat

Penampakan jerawat pada wajah. Sumber gambar: pixabay


Terakhir, minyak kayu putih juga bisa bantu menghilangkan bekas jerawat. Kamu yang memiliki masalah dengan noda bekas jerawat bisa memanfaatkan minyak esensial ini. Sebab, minyak minyak kayu putih ini memiliki sifat inflamasi yang tinggi sehingga sangat cocok merawat kulit berjerawat.

Caranya, cukup campurkan minyak kayu putih dengan gel lidah buaya, kemudian oleskan pada bagian wajah yang ada bekas jerawat.

Ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung dari minyak kayu putih.  Kamu bisa menemukan benda satu ini dimana saja termasuk ecommerce, ya. Pembelian secara online tentu sangat memudahkan mendapatkannya.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Membersihkan kabel charger yang kotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terimakasih untuk infonya, ya. Jadi bertambah lagi info soal manfaat minyak kayu putih ini buat kita semua.

      Hapus

Silakan share artikel Pen4blogku jika bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan komentar bijak Anda.