Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Wah, Ternyata 5 Jenis Makanan Ini Bikin Kamu Mudah Marah Lho!



Pen4blogku - Emosi merupakan salah satu hal yang perlu kita kontrol. Sebab jika tidak dikontrol, maka dampaknya akan tak baik bagi kita. Terlebih jika kamu mudah marah dengan hal-hal yang kecil.

Selain merupakan faktor bawaan, mudah marah ternyata juga dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke dalam tubuhmu, lho! Kok bisa ya? Lantas apa saja jenis makanan tersebut yang dimaksud?

1. Ragam makanan olahan

Source: saliha.id

Mulai dari keripik, kue hingga pasta merupakan menu-menu yang sangat menggiurkan untuk disantap. Namun jenis makanan olahan ini bisa memicu terjadinya lonjakan kadar darah dalam tubuh secara mendadak. Sehingga kamu pun akan mudah marah dan mood kamu akan berubah begitu cepat.

2. Makanan yang berlemak

Source: zaherba.com

Ketika seseorang banyak mengonsumsi jenis makanan dengan kadar lemak trans yang banyak, maka ia pun akan menjadi lebih mudah marah. Lemak trans dapat mengganggu jalannya metabolisme asam lemak omega-3 yang menyeimbangkan tubuh. Sebaiknya kamu menghindari pula jenis makanan yang digoreng menggunakan minyak yang berlimpah.

3. Kafein

Source: hellosehat.com

Siapa yang terbiasa menyeruput secangkir teh atau kopi? Terlebih ketika mendekati waktu tidur? Perlu kamu ketahui, kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein pada waktu tidur akan membuat kualitas tidur kamu terganggu. Alhasil kamu akan sangat rentan tersinggung dan marah. Solusinya konsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi 3 jam sebelum waktu tidur.

4. Jenis makanan pedas

Source: www.winnetnews.com

Gemar menyantap jenis makanan yang pedas? Terkadang ketika rasa stres dan kesal menghampiri, maka menyantap makanan pedas merupakan suatu pelampiasan yang terbaik. Tetapi tahukah kamu jika mengonsumsi jenis makanan ini ketika stres bisa membuat metabolisme tubuhmu terhambat?

Hal tersebut mengakibatkan lepasnya refluks asam. Alhasil kamu pun akan mudah marah. Sensasi pedas yang ditimbulkan juga bisa memberikan efek panas yang akan membuat kamu jadi lebih rewel, lho!

5. Alkohol

Source: doktersehat.com
 
Apabila kamu memang sedang stres hingga mengalami depresi, maka sebaiknya carilah pelampiasan yang positif. Seperti berolahraga atau mencari kesibukan lain. Hindari untuk meneguk alkohol. Sebab bukannya menghilangkan stres, minuman ini hanya akan membuatmu bertambah stres dan mudah marah.

Hal ini dikarenakan alkohol dapat memberikan rangsangan untuk melepaskan kortisol. Sehingga stres akan muncul sehingga memicu emosi memuncak. Selain itu, alkohol juga dapat berpengaruh pada sistem saraf serta menjadikan kamu mudah gelisah dan berperilaku agresif.

Posting Komentar

0 Komentar