Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia 3 Penyebab “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Pada Android!




Pen4blogku - Di era yang serba canggih seperti sekarang ini teknologi memegang peranan yang cukup penting. Sebab seiring dengan majunya teknologi maka dapat membuat peradaban menjadi semakin maju pula. Salah satu wujud dari kecanggihan teknologi tersebut ialah adanya smartphone atau telepon pintar. Berkat bantuan dari smartphone ini kita dapat mengakses segala informasi yang dibutuhkan.

Salah satu jenis smartphone yang cukup fenomenal ialah yang berbasis Android. Apa kamu salah satu orang yang memiliki smartphone Android? Namun sistem Android juga tak bisa terlepas dari yang namanya kemungkinan eror bukan? Atau kamu sendiri pernah mengalaminya? Misalnya saja seperti “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebab notifikasi tersebut muncul dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

1. File Cache yang Menumpuk

Source: dianisa.com

Perlu kamu ketahui jika file cache atau berkas sampah yang menumpuk dalam smartphone bisa memicu kinerja yang lemot pada smartphone Android. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Kamu harus membersihkan file sampah tersebut. Caranya cukup mudah. Langkah pertama bukalah Pengaturan ═ Aplikasi ═ Terunduh ═ lalu carilah aplikasi yang mengalami masalah dan pilih opsi untuk “Hapus Cache”. Agar lebih mudah maka kamu bisa menggunakan aplikasi khusus penghapus cache seperti: CCleaner, Clean Master atau aplikasi serupa yang bisa kamu unduh di Play Store. 

2. RAM Penuh

Source: www.androox.com

Biasanya notifikasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” muncul lantaran disebabkan oleh RAM Android yang mulai penuh. Oleh karena itu akan lebih baik jika kamu memeriksa spesifikasi smartphone terlebih dulu sebelum mengisinya dengan aplikasi yang terlampau besar ukurannya. Misalnya saja smartphone kamu berisi RAM 512 MB. Namun kamu memasang aplikasi yang ukurannya sangat besar. Tentu itu akan berdampak pada kinerja smartphone milikmu.

Maka dari itu kamu sebaiknya membersihkan aplikasi yang sekiranya terlalu berat untuk performa RAM. Kemudian restart smartphone milikmu agar bisa kembali segar usai panas akibat terlalu keras dioperasikan. 

3. Aplikasi Tidak Support 

Source: www.blogespada.net
 
Berikut ini merupakan kemungkinan yang bisa saja terjadi sehingga dapat menimbulkan force close pada aplikasi. Misalnya saja smartphone kamu masih berada pada versi Android 4.4 KitKat, sementara aplikasi tersebut direkomendasikan untuk Android 5.0 Lollipop. Maka tentu saja aplikasi yang terunduh tersebut tak akan berjalan dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar