Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Jitu Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas Agar Tahan Lama



Pen4blogku - Sayur dan buah merupakan salah satu bahan makanan yang wajib ada di setiap rumah. Hal ini lantaran bahan makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang baik bagi tubuh. Jadi tak ada salahnya jika menyimpan sayur dan buah-buahan yang cukup banyak di kulkas rumah. Terlebih jika kamu tak memiliki waktu untuk setiap hari berbelanja kebutuhan sayur serta buah, maka jalan yang paling efektif ialah dengan menyimpannya sebagai stok.
Namun cara tersebut seringkali membuat sayur dan buah menjadi busuk ataupun tak bertahan lama. Lantas bagaimana caranya agar buah maupun sayur awet di dalam kulkas? Ikuti tips berikut ini.

Kulkas bersih

source mozaic.mataharimall.com

Sebelum memastikan kulkas bersih, jangan menyimpan sayuran di dalamnya. Sebab jika kulkas dalam kondisi yang kotor maka kualitas makanan yang disimpan di dalamnya akan tak terjaga. Suhu dalam kulkas yang ideal berkisar antara 1 hingga 4 derajat Celcius. Apabila lebih tinggi maka bakteri bisa timbul sehingga berpengaruh pada aroma dan rasa makanan. Namun jika lebih rendah maka akan membuat sayuran menjadi beku.

Hindari menyimpan pada suhu ekstrem

source blog.lakupon.com

Apabila kamu ingin menyimpan buah dan sayur di kulkas, maka jangan mencucinya sebelum dimasukkan ke kulkas. Sebab buah dan sayur yang basah tak akan tahan lama jika berada di dalam kulkas.
Selain itu, pastikan kamu menyimpan buah dan sayur pada suhu yang tak terlalu ekstrem. Jangan terlalu tinggi maupun terlalu rendah sebab dapat merusak sayur dan buah. Bungkus sayuran menggunakan kertas lalu simpan. Kertas memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan yang berlebih, sehingga mencegah sayuran cepat busuk.

Atur kelembaban

source tupperware.co.id

Baik sayur ataupun buah memiliki kandungan air, sehingga mengharuskan kamu menjaganya agar tahan lama serta tak mudah busuk. Sewaktu buah serta sayur dipanen, maka kandungan air akan banyak yang menghilang lantaran adanya penguapan. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga kandungan air di dalamnya dengan menyimpan bahan tersebut ke dalam plastik yang diberikan lubang agar dapat bernafas.

Ambil secukupnya

source blog.lakupon.com

Jika kamu menyimpan sayur dalam kulkas kemudian ingin mengambilnya untuk diolah, maka sebaiknya ambil seperlunya saja. Hindari mengeluarkan dan memasukkan sayur dari kulkas agar bisa tahan lama. Apabila sayur sering keluar masuk kulkas maka dapat cepat busuk karena sering terkena suhu yang berbeda.

Posting Komentar

0 Komentar