Pen4blogku - Salah satu aktivitas yang banyak
dilakukan oleh orang ialah bekerja. Aktivitas ini seolah sudah menjadi bagian
dari hidup, sebab tanpa bekerja maka orang tak akan bisa memenuhi kebutuhan
hidupnya. Kebanyakan jam operasional dalam bekerja di negara kita adalah 8 jam
sehari, sedangkan waktu untuk istirahat hanyalah 1 jam.
Jadi tak heran jika banyak pekerja yang
terkadang merasakan hilang konsentrasi dalam melakukan pekerjaannya. Padahal fokus dalam
bekerja sangat diperlukan agar tugas dalam pekerjaan segera selesai dan target
yang ditetapkan pun dapat terpenuhi.
Lalu, bagaimana caranya agar dapat
menjaga fokus dalam bekerja saat berada di kantor? Kamu dapat melakukan 5 tips
berikut ini.
1. Menciptakan Mood yang Baik
source inovasee.com |
Suasana hati sedikit-banyak akan
mempengaruhi kinerja kita selama seharian. Oleh karena itu, menciptakan mood yang baik wajib kamu lakukan agar
fokus dapat terjaga seharian. Kamu dapat melakukan aktivitas seperti sarapan
pagi, olahraga pagi hingga menyusun agenda liburan jangka panjang sebelum pergi
ke kantor.
Hal tersebut dapat menumbuhkan semangat
kerja kamu, lho! Hindari merasa tertekan atau stres ketika hendak berangkat
bekerja.
2. Menyusun Daftar Pekerjaan
source stratupbisnis.com |
Upaya ini akan membantu kamu menganalisa
apa saja tugas kamu hari ini. Kamu juga dapat menyusun daftar pekerjaan ini
secara harian, mingguan bahkan bulanan. Tentu saja dengan list pekerjaan tersebut kamu akan memiliki rute yang mulus dalam
menyelesaikan pekerjaan.
Sehingga bisa sesuai dengan
target yang ditetapkan. Kamu juga harus secara rutin mengecek daftar yang kamu
buat tersebut, jika ada perubahan maka perbaikilah.
3. Berangkat Kerja Lebih Awal
source ikhtisar.com |
Kamu dapat berangkat kerja 10 hingga 15 menit lebih
awal agar mencegah dirimu dari rasa khawatir atau cemas akan terlambat dan
terburu-buru. Saat bangun pagi, kamu juga dapat membuat kesan semangat, lho!
Misalnya saja menyapa matahari pagi dan ketika sampai
di kantor kamu mulai menunjukkan keramahan dengan menegur teman-temanmu yang
ada di kantor dengan sapaan halo atau apa kabar. Dengan cara ini kamu dapat
memulai pekerjaanmu dengan fokus tinggi.
4. Hindari Ngobrol Berlebih
source kompas.com |
Guna membuat pikiran lebih rileks dan santai,
mengobrol bersama teman sekantor merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan.
Namun jangan jadikan kegiatan tersebut sebagai suatu kebiasaan untuk menghabiskan
waktu.
Alhasil, kamu pun lupa jika masih
memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Jadi pilihlah waktu yang tepat
untuk mengobrol, misal saat jam istirahat atau setelah pekerjaanmu selesai.
5. Serius dan Santai
source kompasiana.com |
Kamu dapat bekerja dengan menerapkan taktik serius
namun santai. Sehingga dalam bekerja kamu tak terlalu tegang. Jika kamu terlalu
serius, maka bisa saja otot-otot malah merasa tegang dan konsentrasi sulit
untuk dibentuk.
Oleh karena itu tak ada salahnya jika sesekali kamu
melakukan peregangan tubuh sehingga menjadi lebih santai, baru setelah itu kamu
kembali bekerja.
0 Komentar
Silakan share artikel Pen4blogku jika bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan komentar bijak Anda.