Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ingin Bisa Tetap Fokus Bekerja di Kantor? Ini Tips Jitu Buatmu Nyaman




Pen4blogku - Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh orang ialah bekerja. Aktivitas ini seolah sudah menjadi bagian dari hidup, sebab tanpa bekerja maka orang tak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebanyakan jam operasional dalam bekerja di negara kita adalah 8 jam sehari, sedangkan waktu untuk istirahat hanyalah 1 jam.

Jadi tak heran jika banyak pekerja yang terkadang merasakan hilang konsentrasi dalam melakukan pekerjaannya. Padahal fokus dalam bekerja sangat diperlukan agar tugas dalam pekerjaan segera selesai dan target yang ditetapkan pun dapat terpenuhi.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat menjaga fokus dalam bekerja saat berada di kantor? Kamu dapat melakukan 5 tips berikut ini.

1. Menciptakan Mood yang Baik

source inovasee.com

Suasana hati sedikit-banyak akan mempengaruhi kinerja kita selama seharian. Oleh karena itu, menciptakan mood yang baik wajib kamu lakukan agar fokus dapat terjaga seharian. Kamu dapat melakukan aktivitas seperti sarapan pagi, olahraga pagi hingga menyusun agenda liburan jangka panjang sebelum pergi ke kantor.

Hal tersebut dapat menumbuhkan semangat kerja kamu, lho! Hindari merasa tertekan atau stres ketika hendak berangkat bekerja.

2. Menyusun Daftar Pekerjaan

source stratupbisnis.com

Upaya ini akan membantu kamu menganalisa apa saja tugas kamu hari ini. Kamu juga dapat menyusun daftar pekerjaan ini secara harian, mingguan bahkan bulanan. Tentu saja dengan list pekerjaan tersebut kamu akan memiliki rute yang mulus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Sehingga bisa sesuai dengan target yang ditetapkan. Kamu juga harus secara rutin mengecek daftar yang kamu buat tersebut, jika ada perubahan maka perbaikilah.

3. Berangkat Kerja Lebih Awal

source ikhtisar.com

Kamu dapat berangkat kerja 10 hingga 15 menit lebih awal agar mencegah dirimu dari rasa khawatir atau cemas akan terlambat dan terburu-buru. Saat bangun pagi, kamu juga dapat membuat kesan semangat, lho!

Misalnya saja menyapa matahari pagi dan ketika sampai di kantor kamu mulai menunjukkan keramahan dengan menegur teman-temanmu yang ada di kantor dengan sapaan halo atau apa kabar. Dengan cara ini kamu dapat memulai pekerjaanmu dengan fokus tinggi.

4. Hindari Ngobrol Berlebih

source kompas.com

Guna membuat pikiran lebih rileks dan santai, mengobrol bersama teman sekantor merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan. Namun jangan jadikan kegiatan tersebut sebagai suatu kebiasaan untuk menghabiskan waktu.

Alhasil, kamu pun lupa jika masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Jadi pilihlah waktu yang tepat untuk mengobrol, misal saat jam istirahat atau setelah pekerjaanmu selesai.

5. Serius dan Santai

source kompasiana.com

Kamu dapat bekerja dengan menerapkan taktik serius namun santai. Sehingga dalam bekerja kamu tak terlalu tegang. Jika kamu terlalu serius, maka bisa saja otot-otot malah merasa tegang dan konsentrasi sulit untuk dibentuk.

Oleh karena itu tak ada salahnya jika sesekali kamu melakukan peregangan tubuh sehingga menjadi lebih santai, baru setelah itu kamu kembali bekerja.

Posting Komentar

0 Komentar