Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Meski Lezat, 7 Makanan Ini Justru Ganggu Pencernaanmu




Pen4blogku - Sebagian besar dari kamu tentu pernah mengalami gangguan pencernaan yang ditandai dengan mual, diare, atau sembelit. Nah, beberapa kondisi tersebut merupakan sebuah indikasi yang menandakan bahwa pencernaanmu sedang mengalami masalah cukup serius.

Penting untuk kamu ketahui, kondisi tersebut tidak boleh disepelekan karena bisa menjadi parah bila tidak segera ditangani. Selain mengatasi gangguan pencernaan dengan cara yang tepat, penting juga mengetahui penyebabnya, ya.

Salah satu faktor yang paling utama adalah melihat kembali asupan makanan yang kamu konsumsi nih. Ternyata, ada banyak jenis makanan lezat yang bisa memicu gangguan pencernaan, lho! Bisa jadi, beberapa di antaranya adalah makanan favorit kamu berikut ini.

1. Gorengan

source feed.merdeka.com


Memang nikmat yang menyantap aneka jenis gorengan dengan secangkir teh hangat ataupun kopi di pagi dan sore hari. Sayangnya, banyak diantara kamu yang belum menyadari kandungan lemak yang tidak sehat yang ada dalam jajanan tersebut. Tingginya kadar lemak jenuh dalam makanan ini bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung, lho!

2. Roti Tawar

source kompasiana.com


Roti tawar menjadi pilihan utama ketika rasa lapar di pagi hari melanda dan belum sempat membuat sarapan. Padahal, roti tawar justru tidak disarankan selalu dikonsumsi setiap hari, ya. Pasalnya, kandungan gluten serta rendahnya serat dalam makanan ini justru membuatnya sulit dicerna oleh tubuh kamu.

3. Es Krim

source merdeka.com


Sebagian besar dari kamu pasti doyan dengan minuman dingin yang satu ini. Es krim memang menjadi favorit bagi siapa saja. Ternyata es krim termasuk salah satu jenis minuman dingin yang tidak mudah dicerna tubuh, lho! Lemak yang tinggi juga terkandung dalam minuman ini.

4. Sayuran

source senibertani.blogspot.co.id


Sayuran dikenal sebagai bahan makanan yang disarankan untuk menutrisi tubuh. Namun, ketika kandungan seratnya yang tinggi terlalu sering masuk ke dalam tubuh, bisa dibayangkan apa yang terjadi. Ya, ancaman diare, kembung, atau kenaikan gas lambung bisa berbahaya nih.

5. Kafein

source infiline.com


Minuman yang mengandung kafein memang nikmat dikonsumsi. Akan tetapi, terlalu sering mengonsumsi kafein justru akan menimbulkan gangguan pencernaan bahkan hingga infeksi pada usus.

6. Kacang-kacangan

source educenter.id


Kacang-kacangan mengandung lemak yang kadarnya cukup tinggi. Kadar lemak yang tinggi ini juga bisa memicu dampak buruk bagi pencernaan. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga termasuk jenis makanan yang sulit dicerna tubuh.

7. Kacang Merah

source babyologist.com


Serat yang tinggi terkandung dalam makanan ini. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kacang merah justru akan menimbulkan usus terlalu cepat mencerna makanan sehingga diare bisa saja dialami.

Setelah mengetahuinya, pastinya mulai sekarang untuk berhati-hati, ya. Bukannya tidak boleh sama sekali mengonsumsi aneka makanan di atas, tetapi perlu diwaspadai untuk tidak berlebihan mengonsumsi.

Posting Komentar

0 Komentar