Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sulit Buang Air Besar? Ini Cara Melancarkannya!





Pen4blogku - Masing-masing orang pasti mempunyai jadwal buang air besar yang berbeda-beda. Terkadang ada yang jadwal buang air besarnya pada saat pagi hari namun ada juga yang siang atau bahkan sore hari. Tentu hal tersebut tak masalah selama masih bisa buang air besar secara lancar, sebab yang jadi masalah ialah ketika seseorang mengalami BAB yang tidak lancar atau sulit. Maka orang tersebut dapat dikatakan sedang mengalami sembelit.

Sembelit merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami buang air besar yang tak lancar, biasanya kurang dari 3 kali dalam seminggu. Kondisi tersebut bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan serat atau air. Sembelit memiliki tanda-tanda yang di antaranya: tinja menjadi keras serta panas, sulit buang air besar serta perut rasanya seperti kaku lantaran tinja terlalu lama tertumpuk di usus.

Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Kamu dapat menyimak ulasan berikut ini.

Konsumsi makanan berserat

Sumber: okezone.com


Penyebab utama bahwa seseorang mengalami sulit buang air besar atau sembelit ialah akibat kurangnya mengkonsumsi serat. Jika kamu tipikal orang yang rajin mengkonsumsi serat maka gerakan usus dapat diatur sedemikian rupa sehingga mampu menyerap air secara ekstra dan membantu pembentukan feses.

Tak hanya itu saja, sebab makanan yang memiliki serat juga dapat menjaring residu yang terdapat pada saluran usus kamu, sehingga sistem pencernaan dapat dirangsang untuk segera BAB. Jika kamu mengalami sembelit, maka kamu dapat mengkonsumsi jenis makanan kaya serat seperti pepaya, wortel, bayam, kubis hingga jenis biji-bijian.

Menahan ketika ingin buang air besar

Sumber: hellosehat.com

Apakah kamu gemar melakukan hal ini? Maka sebaiknya jangan melakukannya lagi. Sebab orang yang sering menahan buang air besar akan memiliki risiko yang besar untuk terjangkit sembelit. Oleh karena itu, jika memang kamu merasa ingin buang air besar maka segeralah bergegas pergi ke toilet. 

Konsumsi air putih

Sumber: www.jurnalasia.com

Sembelit juga dapat disebabkan oleh tinja yang kering. Sehingga untuk membuatnya lancar kamu perlu memperbanyak konsumsi air putih. Namun, hindari untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi ataupun soda, serta alkohol ketika sedang mengidap sembelit.

Pasalnya, jenis minuman dieuretik tersebut dapat membuat cairan tubuh hilang lebih banyak melalui kapasitas buang air kecil yang meningkat. Agar tidak memperburuk kondisi sembelit yang kamu alami, maka kamu dapat mengkonsumsi jenis minuman jus, seperti jus pir, jus apel, atau jenis teh herbal tertentu. 

Olahraga

Sumber: hellosehat.com

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang memiliki manfaat cukup baik bagi kesehatan tubuh. Jika kamu sedang dilanda dengan sembelit, maka kamu juga dianjurkan untuk berolahraga. Mengapa demikian?

Sebab melalui olahraga denyut jantung dapat meningkat serta pernapasan pun akan mampu menstimulus kontraksi otot yang ada di seluruh tubuh. Tak hanya itu saja, dengan berolahraga makanan juga akan bergerak lebih cepat melalui usus. Tak perlu olahraga yang berat, kamu dapat melakukan jenis olahraga ringan dengan waktu 20-30 menit saja selama 5 hari dalam seminggu.

Beberapa cara yang sudah disebutkan di atas mudah dilakukan, bukan? Apalagi, kamu tidak butuh biaya besar untuk melakukan upaya pencegahan sebelum mengalami masalah susah buang air besar.

Posting Komentar

0 Komentar