Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Trik Cerdik Terhindar dari Skimming Kartu ATM




Pen4blogku - Baru-baru ini kian ramai menjadi perbincangan adalah kejahatan berbasis teknologi yang melibatkan kartu Automated Teller Machine atau yang lebih dikenal dengan ATM. Jika beberapa waktu lalu yang menjadi korban kejahatan skimming adalah nasabah dari PT. Bank Rakyat Indonesia maka kali ini giliran PT. Bank Mandiri Tbk yang menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan skimming.
Lalu apakah skimming itu?
Skimming merupakan kejahatan dengan mencuri informasi atau data-data nasabah, terkait dengan nomor PIN milik nasabah menggunakan mesin ATM. Sebenarnya skimming ini bukanlah suatu jenis kejahatan baru, sebab sudah ada semenjak 10 tahun yang lalu. Hanya saja semakin berubah kian canggih lantaran teknologi saat ini juga semakin berkembang pesat.

Biasanya pelaku kejahatan skimming ATM ini akan menggunakan dua alat yang ditujukan untuk mencuri PIN serta data dari kartu milik nasabah. Satu alat ditaruh di dekat lubang kartu ATM yang kemudian dapat membaca dan mengidentifikasi nomor akun serta garis magnetiknya. Sedangkan PIN dapat diketahui dari kamera tersembunyi yang diletakkan di ruangan mesin ATM.

Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari kejahatan berbasis teknologi tersebut? Berikut ini tips yang bisa dipraktikkan.

Pilih lokasi ATM 

Sumber: okezone.com

Apabila kamu hendak bertransaksi pada malam hari maka akan lebih baik jika memilih ATM yang lokasinya ada di bank. Hindari untuk memilih ATM yang ada di toko-toko ritel, restoran maupun swalayan. Hal tersebut dikarenakan alat skimming sempat ditemukan pada mesin ATM yang ada di sebuah toko cukup populer yang ada di Florida. Meskipun hal ini tak dialami di Indonesia, namun akan ada baiknya jika kamu berjaga-jaga dengan cara tersebut.

Tak hanya di toko-toko atau di pusat perbelanjaan saja, melainkan di bandara pun juga cukup rawan dengan kejahatan yang berupa pencurian. Bahkan mesin ATM yang diletakkan di bank pun juga cukup berisiko. Maka langkah yang paling bijak ialah dengan tidak terlalu sering ke ATM. Sebaiknya ambillah uang sesuai kebutuhan, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang. 

Peka terhadap keadaan mesin ATM

Sumber: sepulsa.com

Sebelum menjalankan transaksi sebaiknya kamu perhatikan terlebih dulu kondisi di sekitar mesin ATM guna memastikan bahwa slot kartu tersebut asli dan bukan tempelan. Apalagi jika kamu merasakan beberapa hal yang aneh ketika memasukkan kartu ke slot. 

Selalu siaga saat menekan nomor PIN

Sumber: uangindonesia.com

Walaupun tidak ada orang di sekitar kamu yang terkesan sedang memata-matai kamu di kala menekan nomor PIN ATM atau di saat kamu melakukan transaksi, namun ada baiknya jika kamu waspada dan selalu mentutupi nomor ketika menekan PIN. Hal tersebut dikarenakan pelaku kejahatan tak akan memantau kamu secara langsung, melainkan memantau melalui kamera yang tersembunyi. Oleh karena itu, sikap selalu waspada wajib kamu terapkan!

Wajib memeriksa saldo di rekening secara berkala

Sumber: malangtoday.net

Kamu juga wajib untuk selalu memeriksa saldo yang ada di rekening secara berkala. Maka dengan demikian akan mempermudah kamu untuk mengidentifikasi apabila ada transaksi penarikan yang tidak wajar. Jika perlu kamu bisa mendaftarkan nomor kamu agar dapat mengecek saldo via Mobile Banking atau SMS Banking.

Selalu waspada dan berhati-hati, ya! Lakukan selalu beberapa langkah pengamanan yang sudah disebutkan di atas demi terhindar dari kejahatan oknum tidak bertanggungjawab.

Posting Komentar

0 Komentar