Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Merawat Hijab - Hindari 6 Kebiasaan Salah Ini



Pen4blogku - Bagi seorang muslimah, hijab adalah bagian utama yang melengkapi fashion hijab. Terdapat banyak model dan warna hijab yang dapat dipadupadankan dengan berbagai busana muslimah. Sebab saat ini semua model berbusana muslim begitu beragam dan sangat modis. Banyak sekali model hijab masa kini sesuai dengan tren. Mulai dari model jilbab segiempat hingga model jilbab langsung pakai. Semuanya membutuhkan tips merawat hijab yang benar agar tetap awet.

Dari berbagai macam kerudung atau scarf yang kita miliki tentunya harus dirawat dengan tepat sesuai bahan kain yang dimiliki. Maka perlu tips merawat hijab ekstra yang tepat. Hal ini untuk menjaga keawetan semua jenis hijab yang kita miliki. Tentu harapan kita hijab-hijab tersebut bisa awet dan dapat dikenakan sewaktu-waktu untuk dipadukan dengan busana muslim kita. Jadi tidak mungkin bukan kita akan membeli jilbab baru untuk setiap acara yang akan kita hadiri nantinya.


Maka tips merawat hijab yang benar sangat diperlukan. Hal ini akan membuat hijab yang kita miliki lebih awet dan bisa dipakai berulang kali. Cara merawat hijab pun harus diperhatikan dengan benar disesuaikan dengan karakteristik bahan hijab itu sendiri. Maka perlu dihindari berbagai kebiasaan salah yang kerap kita lakukan saat melakukan pencucian, pengeringan, maupun saat menyetrika hijab.

Mungkin sebagian dari kamu tidak menyadari hal itu. Mengira kebiasaan tersebut hal yang biasa dan masih masuk dalam tips merawat hijab yang benar. Jadi mulai sekarang, ketahuilah 6 kesalahan dalam merawat hijab berikut ini agar tak kembali terulang.

Mencampur semua jenis hijab dalam satu cucian



Sebagian dari Anda biasanya mencampurkan semua hijab kotor yang ada dalam satu cucian. Hal ini hanya akan merusak keadaan kerudung Anda. Bisa jadi ini dapat mengakibatkan luntur dan mengenai hijab lain. Kesalahan ini sebaiknya kamu hindari. Lakukan tips merawat hijab dengan memisahkan kerudung-kerudung tersebut sesuai warna. Misalkan hijab warna cerah sebaiknya dipisah dengan warna gelap. Pisahkan juga hijab dengan bahan yang rentan rusak seperti yang berserat renggang.

Mencuci dengan mesin cuci



Kebiasaan salah yang kerap dilakukan adalah mencuci hijab adalah dengan mesin cuci. Mencuci dengan mesin hanya akan membuat benang pada hijab rusak dan lekas pudar. Selain itu, bila terdapat detail seperti payet pada hijab maka bisa jadi penggunaan mesin cuci hanya akan merusaknya. Maka tips merawat hijab yang tepat adalah dengan mencuci kerudung dengan tangan karena hal itu akan menjaga keawetan hijab.

Menggunakan pemutih



Noda akibat makanan, minuman, atau benda-benda lain dapat membuat hijab kamu jadi kotor. Bahkan ada noda yang sulit  untuk dibersihkan. Biasanya kamu akan menggunakan satu cara yang dianggap benar untuk hilangkan noda seperti pemutih pakaian. Asalkan kamu tahu, hal ini justru akan menyebabkan warna hijab rusak dan serat bahannya akan pudar. Tips merawat hijab yang benar utuk kamu adalah mencuci hijab tersebut dengan tangan. Tambahkan cuka pada air cucian atau dengan cara gosokkan lemon pada bagian yang terkena noda dan lakukan pengucekan perlahan.

Melakukan pemerasan dengan keras pada hijab



Umumnya saat mencuci kerudung terjadi kesalahan yang kerap dilakukan yaitu memeras secara asal-asalan sebelum menjemurnya. Proses memeras hijab yang terlampau kuat hanya akan membuat materi hijab rusak. Serat-serat benang akan renggang bahkan bisa putus karena kesalahan tersebut. Sebab bahan serat hijab lebih sederhana dibanding pakaian. Jadi sebaiknya terapkan tips merawat hijab yang benar dengan memeras hijab secara perlahan dan gantung pada hanger pakaian.

Menjemur dengan sembarangan



Menjemur hijab tidak boleh dilakukan secara sembarangan ya. Hal itu hanya bikin hijab kamu pudar warnanya akibat sengatan terik mentari. Tips merawat hijab yang benar buat kamu, sebaiknya jemur hijab pada tempat yang teduh, sehingga tidak tertimpa sinar matahari langsung.

Menyetrika hijab sembarangan



Menyetrika secara sembarangan adalah salah satu hal yang akan mempercepat rusaknya kerudung. Kamu harus mengatur ukuran panas pada setrika sesuai dengan bahan hijab. Kesalahan mengatur panas setrika bisa berakibat fatal pada hijab kamu. Bisa-bisa hijab kamu makin kusut atau parahnya bisa berlubang. Lakukan tips merawat hijab dengan menyetrika bagian dalam kerudung saja serta atur suhu setrika. Untuk hijab dengan bahan sutra sebaiknya disetrika saat keadaan setengah kering, hal ini untuk menghindari permukaan hijab menempel pada alas setrika.

Dari beberapa kesalahan di atas, sudah pasti kamu tidak mau lagi untuk melakukan hal itu secara berulang. Maka mulai saat ini, segera lakukan tips merawat hijab yang benar. Terlebih jika hijab yang kamu miliki itu berkualitas bagus atau branded. Tentu tak mau bukan, hijab tersebut jadi rusak hanya gara-gara kesalahan yang biasa kamu lakukan tersebut?

Posting Komentar

0 Komentar