Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Hemat Keuangan Ini Akan Selamatkan Kamu dari Kebangkrutan



Pen4blogku - Tanggal berapa sekarang? Apa sudah waktunya buat kamu untuk menerima gaji? Pasti lagi mengharap banget ya. Apalagi bedak dan lipstik mulai menipis. Isi dompet juga kian tipis saja. Sudah pasti keuangan kamu butuh pengisian ulang bukan. Tapi banyak dari kita, tiap kali gajian uang udah pada ludes aja dengan berbagai kebutuhan. Lalu kapan nabungnya? Wah, perlu tips hemat keuangan nih.

Tapi bagaimana caranya sih mengatur keuangan kita biar tidak langsung ludes begitu saja? Ada sebenarnya caranya buat kita bisa menghemat uang. Ada tips hemat keuangan yang harus kamu lakukan agar uang kamu tidak mengalir terus tanpa henti. Terbayangkan bukan, bagaimana susahnya kita kalau lagi ada kebutuhan mendadak di pertengahan bulan. Lihat dompet, kosong. Tengok atm, lagi limit. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah cari pinjaman.


Cara demikian tidak akan baik buat keuangan kamu. Semakin kamu sering berhutang, hanya akan bikin kamu susah. Seperti gali lubang tutup lubang. Mau seperti itu?
Kalau kamu tidak mau demikian, maka jalankan tips hemat keuangan berikut ini. Dengan begitu, keuangan kamu bisa ter-save dan tertata dengan baik.

Tips hemat keuangan yang pertama, simpan atau sembunyikan saja kartu kredit kamu ya, biar tidak limit



Tips hemat keuangan yang harus kamu lakukan adalah dengan menyimpan kartu kredit dan debit kamu. Hal ini perlu kamu lakukan biar tidak over budget. Apalagi para cewek yang hobi belanja. Wah, pasti bisa kalap kalau sedang ada promo dan diskon. Jadi siapkan aja uang tunai seperlunya aja di dompet kamu. Tinggalkan saja kartu debit maupun kredit di rumah. Biar tangan kamu tidak gatal saat lihat ada kartu kredit atau debit ada di dompet.

Tips hemat keuangan yang kedua, traktir teman seusai gajian boleh, tapi jangan kebablasan ya



Salah satu hal yang sering kali kamu lakukan sesaat seusai gajian adalah traktiran bersama rekan sekantor atau kawan lain. Hal ini memang seperti budaya yang tak tertulis di kalangan pekerja. Kalau di kalangan rekan kerjamu sering ada agenda demikian, maka bisa saja kamu siasati dengan beberapa hal.
Tips hemat keuangan yang harus kamu lakukan adalah dengan mengurangi intensitas traktiran yang awalnya tiap bulan sekali, ubah menjadi setahun sekali. Cari tempat yang tidak terlalu mewah untuk traktiran. Bila kamu termasuk orang yang punya hobi memasak, alangkah lebih baik kamu buat kue atau makanan spesial untuk rekan kerja. Tentu hal itu akan lebih berkesan. Tak hanya itu, ini bisa jadi tips hemat keuangan kamu yang jitu bukan.

Tips hemat keuangan ketiga yang harus kamu lakukan, kurangi kebiasaan manja melakukan delivery order



Buat kamu anak kost ataupun tinggal dikontrakkan, jangan biasakan untuk pesan antar makanan. sistem delivery order ini sudah pasti bikin kantong kamu makin menipis. Bagaimana tidak, kalau kamu pesan antar makanan pasti akan ada tambahan dana untuk proses antar. Maka dari itu, mulai sekarang biasakan diri buat makan makanan yang dibeli langsung dari rumah makan atau restoran, makan di tempat.

Tak hanya itu, tips hemat keuangan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan masak sendiri makanan favorit atau menu sayur sederhana. Ini bisa jadi cara menghemat gajian kamu dan pastinya sisihkan sebagian uang untuk tabungan.

Tips hemat keuangan keempat, ganti kendaraan roda empat kamu dengan motor roda dua biar lebih irit



Kalau kebiasaan kamu ke kantor atau main keluar rumah menggunakan mobil, maka sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Bahan bakar yang dibutuhkan mobil kamu bisa-bisa melebihi pengeluaran make up kamu tiap bulan itu. Mulai sekarang terapkan tips hemat keuangan dengan menggunakan kendaraan roda dua jika hendak keluar.

Selain hemat bahan bakar, motor juga bisa bikin kamu melaju dengan santai saat kondisi jalan macet. Bisa juga kamu naik kendaraan umum, hal itu akan lebih murah tentunya. Jadi tunggu apalagi, hemat itu harus dimulai dari sekarang, jangan tunda-tunda ya, bisa-bisa uang kamu keburu habis nanti.

Jadi buat kamu yang saat ini masih single dan belum punya pasangan. Belajar ya mulai sekarang untuk berhemat. Atur keuangan kamu serapi dan semulus mungkin biar tidak sampai terjadi limit atau justru minus ya. Bukan berarti hemat itu pelit, lain ya. Hemat itu hanya pada batasan mengatur keuangan yang baik, tidak berlebihan sampai terjadi besar pengeluaran kamu dibandingkan pendapatan. Terapkan tips hemat keuangan tersebut dan mulailah menabung.

Posting Komentar

0 Komentar