Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ternyata Ini Lho Cara Simpan Daging yang Benar!


Source: lifestyle.okezone.com


Pen4blogku - Daging merupakan salah satu bahan makanan yang perlu perhatian khusus ketika akan disimpan. Sebab jika cara penyimpanan-nya tak tepat, maka akan jadi tak lezat jika dimasak di kemudian hari. Terlebih ketika memasuki Hari Raya Idul Adha, di mana daging cukup berlimpah. Sehingga tak mungkin jika dimasak dalam satu hari itu saja. 

Oleh karena itu, kamu perlu menyimpan daging agar senantiasa segar dan rasanya tetap terjaga sampai tiba waktunya untuk dimasak dan dikonsumsi. Lantas, bagaimana cara menyimpan daging sapi yang tepat dan benar? Kamu perlu menyimak ulasan berikut ini! Sebab, banyak orang yang salah kaprah terkait cara penyimpanan-nya.

1. Potong daging ke ukuran lebih kecil

Source: fapet.ugm.ac.id

Mengapa demikian? Sebab dengan cara ini daging bisa jadi lebih tahan lama. Jangan menyimpan daging dengan ukuran yang terlampau besar ya. Sebaiknya, potong daging ke ukuran yang lebih kecil, misalnya saja dimasukkan ke kantong plastik bening dengan takaran ½ kg atau 1 kg. Jika kamu menerapkan cara ini, daging bisa awet bahkan sampai 1 tahun.

2. Jangan memasukkan-nya langsung ke freezer

Source: cookingwsheila.com
 
Siapa di antara kalian yang langsung memasukkan daging ke frezeer? Ternyata cara tersebut kurang tepat lho! Tepatnya, simpan terlebih dulu daging di bagian bawah kulkas. Tunggulah sekitar 4 sampai 5 jam. Baru kemudian masukkan ke bagian freezer.

3. Jangan dicuci 

 
Source: www.foody.id


Mayoritas orang pasti melakukan hal yang satu ini. Padahal berikut merupakan upaya yang keliru. Mungkin kamu salah satu yang melakukan kebiasaan ini? Sebagian orang menganggap jika dengan dicuci menggunakan air maka daging akan bersih, barulah akan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun perlu kamu ketahui, jika air kran malah dapat menyebarkan kuman hingga masuk ke pori-pori daging lho! Sehingga rasa dari daging akan rusak nantinya. Sebaiknya jangan mencuci daging ketika hendak disimpan, melainkan cucilah jika akan dimasak.

4. Masak saat suhu daging sudah normal

Source: semenpadanghospital.co.id

Jika hendak memasak daging yang mulanya disimpan di freezer, maka tunggu hingga suhunya kembali normal. Hindari untuk merendam daging di air panas ya, sebab rasanya bisa rusak. Rendam menggunakan air dengan suhu normal saja. Jika sudah tidak beku, bukalah plastik-nya, cuci hingga bersih lantas tiriskan dan selanjutnya daging siap dimasak. 

Nah, sudah paham bukan mengenai cara simpan daging yang tepat dan benar? Selain itu, agar daging jadi lebih empuk dan tak alot maka kamu dapat memotong-nya melintang, memukulnya menggunakan pemukul daging, atau memotong-nya dengan ukuran yang tidak terlalu tebal. Selamat mencoba.  

Posting Komentar

0 Komentar