Translate

Ticker

6/recent/ticker-posts

Waspada, Ternyata Jam Makan Malam Dapat Memengaruhi Risiko Kanker!


 


Pen4blogku - Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang bugar dan sehat. Namun untuk mendapatkan tubuh yang demikian diperlukan perombakan besar dalam kehidupan. Terlebih pada pola makan dan gaya hidup. Tanyakan pada dirimu sendiri, akankah sudah tepat dan benar gaya hidup yang kamu jalani hingga saat ini.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Barcelona Institute for Global Health menjelaskan bahwa makan malam sebelum pukul 21.00 dapat mengurangi timbulnya risiko terkena kanker prostat pada pria serta kanker payudara untuk wanita hingga kurang lebih 18%. Hal tersebut berbeda dibanding makan malam di atas jam 22.00. 

Sebaiknya kamu mulai mengubah kebiasaan buruk dimana makan malam kemudian langsung pergi tidur. Sebab memberikan jeda 2 jam atau lebih dari itu bisa meminimalisir risiko terkena kedua jenis kanker tersebut hingga 20%.

Dr. Manolis Kogevinas yang merupakan pimpinan dalam penelitian tersebut juga menjelaskan jika sebenarnya mayoritas orang sudah tahu jika kebiasaan makan malam kemudian langsung tidur bisa menghambat proses metabolisme. Selain itu agenda tidur malam juga tak akan nyenyak.

Namun masihkah kamu melakukan kebiasaan yang kurang baik tersebut?

Source: www.halodoc.com

Tak hanya itu saja fakta yang terbongkar dari penelitian tersebut. Sebab berbekal dari penelitian itu juga ada fakta lain yang muncul, yakni jika mereka yang bekerja pada jam malam memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk kemungkinan terkena penyakit kanker payudara dan prostat.

Tetapi tak semua penelitian senada dengan hasil tersebut. Nah, oleh karena itu kamu bisa sedini mungkin mengubah kebiasaan dan gaya hidupmu yang kurang tepat. 

Para peneliti Spanyol pun mengumpulkan partisipan yang lebih dari 1.800 orang. Mereka merupakan pengidap kanker payudara dan prostat. Namun ada juga sebanyak 2.000 orang yang sehat. Semuanya diberikan pertanyaan terkait peraturan waktu makan serta kebiasaan tidurnya.

Kemudian terdapat hasil dimana mereka yang menyantap makanan sebelum jam 21.00 mempunyai kemungkinan 25% lebih kecil terkena kanker prostat serta 15% lebih minim kemungkinan mengidap kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang makan usai jam 10 malam. 

Sementara mereka yang memberikan jeda makan lebih dari 2 jam sebelum pergi tidur memiliki 26% lebih kecil terkena kanker prostat dan 16% lebih kecil kecenderungannya mengidap kanker payudara.

Mungkin bagi sebagian orang pengaturan waktu makan ini sepele, namun nyatanya memiliki dampak yang luar biasa bukan bagi kesehatan?

Posting Komentar

0 Komentar